Tag

, , , , , , , ,

Pesona Sad Arga

The EARTH without  ART is EH…. Beneran loh penampakan bentang bumi adalah karya seni yang luar biasa. Paduan warna, paduan tonjolan bukit dan cekungan lembah, kombinasi daratan dan perairan yang mempesona.

Sebagai anak bukik, saya paling suka menikmati maninjau bukik di sepanjang perjalanan. Sebaran gunung di suatu wilayah membentuk pola yang khas dan setiap gunung selain dinikmati keelokan khas tunggalnya juga bisa dipandang sebagai pasangan gunung lainnya. Pesona sad arga, sad adalah bahasa Kawi dari enam dan arga adalah gunung, yah pesona dari enam gunung yang saling membentuk pasangan yang paling sering saya jumpai dalam keseharian tugas Merbabu, Merapi, Telomoyo, Andong, Sumbing dan Sindoro.

Pasangan Merbabu-Telomoyo

Gunung ini paling dekat dari Salatiga, terlihat sangat jelas dari Salatiga.

Pasangan Merbabu (ki)-Telomoyo (ka) dari arah Jetis, Salatiga

Pasangan Merbabu (ki) – Telomoyo (ka) dari arah Jetis, Salatiga [menyapa pembaca Rynari di Tahun Baru 2014]

Ini tampilannya dari jalur lingkar Ambarawa

Merbabu (ki)-Telomoyo (kanan) dari jalur lingkar Ambarawa

Merbabu (ki)-Telomoyo (tengah) dari jalur lingkar Ambarawa

Andong-Telomoyo

Jalur Salatiga menuju Yogyakarta melalui Kopeng akan mendaki pinggang Merbabu, memutar sedikit berjumpa dengan Gunung Telomoyo dan G. Andong. Tempat yang saya sukai untuk berhenti sejenak adalah daerah Ngablak, perbatasan Kopeng (Semarang) dengan Kab Magelang, bila cuaca cerah dari posisi ini terlihat sad arga saling berpasangan. Merapi-Merbabu, Andong-Telomoyo dan di kejauhan nampak Sumbing Sindoro berpayung awan.

Gunung Andong dan Telomoyo memiliki karakter khas, G Andong dengan gigir gunungnya sering menjadi latihan pendakian awal sebelum Merbabu-Merapi. Kedua gunung tersebut tidak muncul dalam peta besar, baru setelah dizoom sekitar Merbabu tercatat di peta. Dari kejauhan Andong dan Telomoyo bagaikan anak dari ibu Merbabu. Oh ya muncak ke Telomoyo menarik dilakukan, bila terlalu capai berjalan dapat dibantu dengan sepeda motor seperti yang pernah saya sajikan sebelumnya. Ini penampilan gagah cantiknya:

Andong (ki) -Telomoyo (ka)

Andong (ki) -Telomoyo (ka) dari Ngablak, Magelang

Merbabu – Merapi

Fenomenal pasangan duo M, Aki Merapi dan Ibu Merbabu. Penampilan tunggal masing-masing gunung menghasilkan profil gagah, bila dipandang dari lokasi yang tepat pasangan duo M ini menghadirkan sensasi serasi saling berbagi. Paling enak melihat pasangan duo M ini dari arah Selatan, jalur Boyolali, ataupun dari arah sebaliknya.

Merbabu (ki) - puncak Merapi mengintip (ka) dari JL Ambarawa

Merbabu (ki) – puncak Merapi mengintip (ka) dari JL Ambarawa

Mendaki yook menuju Ketep Pass, mari nikmati kebun pinus, kebun sayur pun wisata petik stroberi. Sambil menikmati petik stroberi, ini dia pasangan duo Merbabu-Merapi menanti.

Merbabu (ki)-Merapi (ka) dari Inggit Stroberi

Merbabu (ki)-Merapi (ka) dari Inggit Stroberi, Ketep

Ketep Pass, merupakan areal paling ideal menikmati pemandangan duo Merapi Merbabu. Selain pemandangan alam yang cantik pengunjung akan disuguhi theater volkanologi, maupun museum gunungapi yang memuat kisah Mbah Marto pengamat gunung Merapi pertama di pos Krinjing. Ini penampilan duo M dari Ketep, sayang sekali sulit mengabadikan berpasangan, yang ada ini saya gandengkan.

Merbabu (ki) - Merapi (ka) dari Ketep Pass

Merbabu (ki) – Merapi (ka) dari Ketep Pass, lembah sela diantara kedua gunung tersebut daerah Selo yang terkenal dengan Selo Pass

pasangan-merbabu-merapi-dilihat-dari-ketep-pass-compress

pasangan-merbabu-merapi-dilihat-dari-ketep-pass

Sumbing – Sindoro

Pasangan ideal duo S, Sumbing Sindoro ini terletak di wilayah Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Namun dengan indah dapat dinikmati dari aneka wilayah. Ini tampilan cantiknya dari Ngablak, Magelang.

Sindoro (ka) - Sumbing (ki)

Sindoro (ka) – Sumbing (ki), dari Ngablak, Magelang

Sumbing (ki) - Sindoro (ka)

Sumbing (ki) – Sindoro (ka), dari Ngablak-Magelang

Ini tampilan megahnya dari Secang (jalur Bawen-Magelang) di pagi hari … Daerah antara kedua gunung terdapat Kedung Pass rest area, pengunjung dapat menikmati saat Sindoro-Sumbing saling bertatap muka ataupun saat ungkur-ungkuran (saling membelakangi)

Sumbing (ki) - Sindoro (ka) dari Secang

Sumbing (ki) – Sindoro (ka) dari Secang

Saat kemalaman turun dari Tlogolele di lereng atas Barat Laut Merapi pun tetap bisa kami nikmati, dinginnya angin gunung berbonus pemandangan senja di kejauhan Sindoro Merapi dari jalur Ketep, menyadarkan setiap titah begitu kecilnya di bentang bumi. The EARTH without  ART is EH….

Panorama senja Sumbing (ki) - Sindoro (ka) dari jalur Ketep-Kaponan 11 Jun 2015

Panorama senja Sumbing (ki) – Sindoro (ka) dari jalur Ketep-Kaponan 11 Jun 2015

 Inilah gugus gunung yang tampil dalam pesona sad arga di seputar Salatiga…

gugus gunung

gugus gunung

Iklan