Tag

,

Setangkai  Anggrek Bulan

Setangkai anggrek bulan....

Setangkai anggrek bulan….

Kalau lagi kepengin tanaman anggrek, saya datang ke tempat sahabat kebun yang empunya Green Leaves Orchid (GLO) di Jl Kalimangkak, Salatiga. Beliau seorang breeder (pemulia) anggrek yang menangkarkan hasil silangannya. Koleksinya bejibun dari Dendrobium, Phalaenopsis (anggrek bulan), Onchidium, Cattleya  dll. Sungguh saya buta tentang aneka macam anggrek ini. Pelanggannya umumnya kolektor ataupun pedagang pengecer anggrek pot (tidak tersedia bunga anggrek potong). Lah saya bagian pengganggunya, acapkali nonton koleksinya, mengirim teruna kebun berguru pun sesekali kepengin memelihara anggrek di rumah.

Anggrek bulan di GLO-2

Anggrek bulan di GLO

Aneka umur tanaman yang disediakan di GLO, mau yang agak rumit membeli bibit dalam botol hasil kultur jaringan, atau yang lebih besar dengan sajian compot (community pot) serombongan anakan yang saatnya siap bisa dipindahkan ke dalam pot individual. Lebih siap lagi tersedia tanaman individual yang membutuhkan perawatan pemacu pertumbuhan vegetatif dan saatnya siap memasuki masa berbunga dibooster dengan pupuk daun khusus pembungaan. Sang empunya GLO dengan sabar menjelaskan tahap pemeliharaannya juga menyediakan pupuknya. Selain sibuk menjadi juri aneka lomba anggrek, pembicara, beliau juga konsultan sekaligus suplier green house. [bukan postingan ripiyu, hanya semata empunya GLO sahabat kebun saja]

Yang mana pilihan saya? Kesukaan saya jenis standar berukuran kelopak besar dengan tangkai bunga panjang berkuntum banyak dan baru memekar 2 atau 3, cukup untuk meyakinkan ukuran kelopak, warna maupun guratannya. Keragaan ini ini memiliki harga standar (dibanding hasil persilangan, apalagi yang bermotif eksotik dan langka), juga memiliki masa pajang yang cukup lama lebih dari dua bulanan. Benar-benar tipikal pemalas, memilih yang ekonomis tinggal pajang di rumah langsung menikmati mekarnya anggrek.

Ungu-phalaenopsis

Ungu-phalaenopsis generasi ke n (tahan perawatan minimalis ala tukang kebun)

Keberhasilan paling pol dari saya adalah bila anggrek yang usai berbunga bertahan dan menghasilkan bunga kembali pada periode berikutnya, sementara beberapa pertumbuhannya kurang terurus bahkan mati. Ada pula dendrobium yang berhasil membentuk tabung biji namun belum berani menyemaikannya sehingga dibiarkan pecah terburai. [Tidak selalu selaras yah antara keinginan dan kerajinan merawatnya]

Salah seorang sahabat yang saya pujikan tangan dinginnya memelihara koleksi aneka anggrek dan sangat telaten merawatnya sehingga penampilan anggreknya benar-benar memikat adalah mbakyu Lois di Melbourne, mari tengok koleksi anggrek cantiknya.

Setangkai anggrek bulan….sukakah sahabat dengan kecantikannya, seberapa telaten memeliharanya?