Tag

, , , , ,

Tipe Simpang

Pelargonium hortorum alias Geranium

Pelargonium hortorum alias Geranium di show room

Memenuhi undangan sahabat kebun menikmati hamparan bunga berhektar-hektar tak habis-habisnya saya berdecak kagum akan keelokannya. Hamparan Pelargonium hortorum si Geranium, Petunia, Pentas (Pentas lanceolata), Pancy dan Viola kerabatnya pun Vinca (Catharanthus roseus) aneka warna memanjakan mata.  

Pada beberapa tempat dijumpai sederet tanaman yang dikeluarkan dari hamparan. Ooh petugas kebun sedang melakukan roguing, mengeluarkan tipe simpang (off type) dari hamparan. Dalam proses produksi benih termasuk benih bunga, kemurnian genetik sangat ditekankan. Kalau seseorang membeli benih bunga tapak dara alias vinca (Catharanthus roseus) putih polos tentunya tidak menghendaki campuran warna lain semisal putih dengan guratan titik tertentu. Untuk itulah roguing, mengeluarkan tipe simpang untuk menjaga kemurnian genetik sangat penting.

Apakah tipe simpang berpenampilan jelek? Belum tentu! Yang jelas tipe simpang adalah tipe berbeda dan tidak dikehendaki di kelompoknya. Beberapa tipe simpang menghadirkan bunga dengan pola atau warna eksotik akan menjadi materi genetik unggulan bagi pemulia untuk merakit tampilan berbeda. Beberapa pot tanaman tipe simpang harus rela dicacah dan diekstrak untuk pestisida nabati. Sedangkan lainnya pasrah masuk proses pengomposan untuk mendaurulangkan tubuhnya bagi tanaman lain.

Adakah persyaratan menjadi roguer si ahli roguing? Tentunya yang bersangkutan sangat mengenali karakter tanamannya sehingga jeli akan penyimpangan sekecil apapun semisal mahkota empat helai diantara hamparan mahkota lima helai, ukuran kelopak yang melebihi atau malah kurang dari ukuran normal, pola menyimpang dari pakemnya. Seorang roguer akan sangat patuh pada SOP (standard operating procedure), tidak menyisakan toleransi terhadap tipe simpang apalagi penyimpangan yang berpotensi menodai kemurnian genetik.

Dalam kehidupan keseharian perlukah roguer sang ahli roguing yang menyisihkan tipe simpang dari kelompok hamparan semisal komunitas dengan karakter tertentu. Keahlian roguer tak beda dengan auditor maupun penegak hukum.

Adakah tipe simpang dalam kehidupan bermasyarakat? Setiap kita dirancang sebagai benih unggul yang mencitrakan kemuliaan Pencipta. Sebagai ciptaan yang diperlengkapi dengan kemauan bebas dan tidak immune/kebal terhadap lingkungan, setiap titah berkecenderungan menjadi rogues alias tipe simpang (off type). Bersyukur sekali Roguer Agung selain menerapkan keadilan dan kesucian mutlak juga welas asih tiada tara. Setiap tipe simpang, didandaniNya dan diberi kesempatan untuk tumbuh di petakan tamanNya yang tiada batas luas. Kepahitan yang dimilikinya dijadikanNya ‘pestisida rahmani’ bagi sesama, kerapuhannya diubah menjadi ‘kompos’ yang menyuburkan sifat berbagi dan menguatkan bagi tipe simpang yang lain. Terima kasih, kami adalah tipe simpang yang menerima anugerah kemurahanNya. Selamat mempercantik taman kehidupan bersama. Salam hangat