Tag

, , ,

Ngeteh Yook….

Saatnya santai di cuaca dingin, ngeteh yook…. Terpikat dengan iklan produk teh yang memfasilitasi saat berkomunikasi dengan ngeteh bersama. Kenangan melambung ke masa kecil kami, salah satu kemewahan cuaca dingin adalah saat kami berkumpul dan Ibu menyediakan sepoci teh hangat, kemudian kepada kami dibagikan masing-masing sepotong gula merah untuk digigit sebagai teman minum, srupuuuut manis hangat. Kemudian masapun beranjak dengan menikmati teh nasgithel (panas legi tur kenthel alias panas manis kental terasa sedikit sepat teh) apalagi ditemani sepiring singkong rebus. Saat kami menikmati bacaan Lima Sekawan, kami bisa berbangga bahwa ngeteh senada dengan tea time keluarga di Inggris yang menikmati  teh di sore hari dilengkapi dengan aneka hidangan kue dan roti.

Indonesia termasuk Negara adi sebagai produsen maupun konsumen teh. Menjual teh baik kemasan jadi maupun langsung diminum sangatlah jamak, namun untuk urusan menjual ‘suasana ataupun saat ngeteh’ sebagai jualan wisata, kita belum segencar tetangga kita semisal Negara Sakura Jepang maupun Tirai Bambu China. Untuk menikmati ‘semangkuk kecil’ teh, pengunjung rela menunggu dan mengikuti upacaranya.

Secawan teh Dr Tea

Secawan teh Dr Tea

Menikmati teh trubuk disajikan dalam poci maupun cangkir tanah liat plus gula batu di daerah Brebes dan Pekalongan  dengan mengingat kota Slawi sebagai produsen teh besar, pastilah nikmat. Senikmat keharuman teh hangat di rumah Ndoro Donker di perkebunan teh Kemuning, Karanganyar di lereng Gunung Lawu. Begitupun mengepulnya uap panas mengirim aura wangi teh di perkebunan Tambi di lereng Barat Gunung Sindoro Wonosobo bersama kerabat jadi penyemangat. Atau menikmati peracikan teh talua bagian pesona kuliner Ranah Minang?

Ngeteh di Ndoro Donker-Kemuning-Karanganyar

Ngeteh di Ndoro Donker-Kemuning-Karanganyar

Ngeteh di Tambi Wonosobo

Ngeteh di Tambi Wonosobo

Pembuatan Teh talua

Pembuatan Teh talua

Bersama tegukan panjang, kehangatan teh mengaliri tenggorokan kita, zat-zat berkhasiatnya mengirimkan aura menenangkan ke aliran darah menuju semua penjuru tubuh. Otak meresponnya dengan perintah pengenduran otot raut wajah dari tegang jadi tenang, otot bibir memancarkan lebih banyak senyuman. Kekakuan komunikasipun mencair, yah teh jadi lambang negosiasi  damai.

Selamat ngeteh bersama kerabat….