Tag

,

E jamu jamune….

jamu

jamu

Pr: E jamu jamune, badan sehat awak kuat yen diombe

Lk: Mbakyu mbakyu sampeyan mriki kula tumbasi

Pr: Mangga manga sing pait napa sing legi

Lk: Legi wae tambah eseme bakule

Pr: Ja sembrana mas dadi gawe, bisa bengkok mas wekasane……

Tembang tersebut dilagukan oleh Ibu Waldjinah dengan merdu secara duet. Tergambar perjuangan mbakyu bakul jamu yang menawarkan dagangannya dengan gandhes luwes, menampik godaan lelaki pembeli dagangan dengan ringan bermartabat.

Jamu, ramuan herbal warisan leluhur yang sungguh bernilai. Bila dulu jamu identik dengan gilasan batu ataupun godhogan di kendhil kini jamu tampil dengan aneka kemasan. Saatnya jamu digendhong mbakyu seraya jalan kaki dan pembeli menghitung jumlah gendul untuk menaksir status kini penjualnya tak hanya mbakyu, kendaraannya tak melulu sikil ada sepeda ataupun sepeda motor.

Jamu kini jadi issue bahasan di banyak seminar dengan mengangkat pola belajar dari pengetahuan dan kearifan lokal. Membayang angan….bila negeri Tirai Bambu bisa memasukkan gerai obat sebagai mandatory shopping mengapa kita tidak merakit batik dan jamu sebagai dodolan wisata pula??

Jamu Godhog

Jamu Godhog

Nah ini tampilan salah satu rumah jamu godhog di kawasan Sleman Ngayogyakarta, dari arah jalan Magelang kami masuk melalui jalan Gito-gati. Tersaji jamu langsung unjuk yang diwadahi kendhil. Saat ditanya badhe ngunjuk jamu punapa? Saya bingung memilih dan dibuatkan jamu sehat lelaki serta sehat perempuan yang dipromosikan tidak terlalu pahit. Segera jamu disajikan dengan ‘tamba’ sesloki kecil kunir asem beras kencur. Wah tahu begitu saya milih tamba saja dalam porsi besar hehe…

jaga kesehatan dengan jamu

Jaga kesehatan dengan jamu

Rak tinggi dengan kemasan aneka ramuan terpajang, semisal jaganis sebagai jamu jaga diabetes, jagamag yang jamu jaga penyakit mag. Rumah jamu ini juga dilengkapi dengan pajangan foto nilai luhur jamu, kebun tanaman empon-empon dan jejamuan yang tidak kami kunjungi.

Maraknya industri jamu menggeret banyak sektor diantaranya petani penanam empon-empon semisal temu ireng, kunyit yang sangat perlu dibekali praktik pertanian baik (good agriculture practices) agar produk aman dari lahan ke cawan saji. Hasil panen di iris tipis  kemudian dijemur kering ataupun ditepungkan yang semuanya mampu meningkatkan nilai tambah pendapatan perajin tentunya plus teknologi peralatan dan ketrampilan. E jamu jamune awak sehat ekonomipun meningkat….

Sukakah sahabat minum jamu baik perasan maupun godhogan?

Iklan