Tag

, , , , , , , , ,

5 Flora Istimewa Dieng

5 Flora Istimewa Dieng

5 Flora Istimewa Dieng

Salah satu perhatian yang memikat tukang kebun saat jalan-jalan adalah flora yang dijumpai. Kali ini akan disajikan 5 flora istimewa bagian dari keragaman tumbuhan Dieng. Apa sih kriteria istimewa, tidak ada patokan khususnya, minimal istimewa bagi saya saat menjumpainya.

  1. Purwaceng
1. Purwaceng tumbuhan endemik Dieng

Purwaceng tumbuhan endemik Dieng

Berdasarkan dokumentasi di museum Kailasa, tumbuhan purwaceng (Pimpinella alpine (Zoli) Koord atau P. pruatjan Molkenb) adalah tumbuhan endemik Dieng sehingga termasuk tumbuhan langka. Aneka mitos kehebatan tumbuhan ini  bertumpu pada potensi afrodisiak setara ginseng. Organ akar dan daun selain kaya dengan viamin E, turunan kurmarin juga mengandung steroid kelompok stigmasterol dan sitosterol.

2. Purwaceng, flora istimewa Dieng

Purwaceng, flora istimewa Dieng

3. Purwaceng-produk

Purwaceng-produk

Perburuan akan tumbuhan ini menyebabkan populasi semakin terbatas dan petani setempat berupaya membudidayakannya untuk menunjang agribisnis. Tumbuhan terna hampir merata di tanah sepintas mirip pegagan dalam polybag maupun produk olahannya banyak tersedia di kios di kompleks wisata Dieng.

  1. Carica si Pepaya Gunung
Carica di lahan

Carica di lahan Dieng

Carica di pohon

Carica di pohon

Pepaya gunung (Carica pubescens) anggota keluarga papaya ini tampil cantik di lahan. Buahnya bergerombol menyelubungi batangnya. Selain dijual segar, aneka olahan manisan carica yang sedap siap dinikmati. Carica dinobatkan sebagai flora identitas Wonosobo sang pemangku Dieng berbarengan dengan Banjarnegara. Perpaduan purwaceng dan carica dijadikan landmark penanda selamat datang di Wonosoba dari arah Temanggung.

  1. Terung Belanda

Tumbuhan perdu terung Belanda (Solanum betaceum) dengan bunga dan buah cantik ini tumbuh di banyak daerah tinggi di Indonesia, aslinya dari Amazon. Tumbuh di pematang sayuran di Dataran Tinggi Dieng berseling dengan Carica. Buah segar berasa masam, bentuk lonjong bulat telur, warna hijau saat muda dan memerah marun saat matang. Olahan di Dieng meliputi jus dan dodol. Jus kombinasi terung belanda – wortel salah satu kesukaan kami, apalagi oleh-oleh jus martabe (markisa-terung Belanda) dari Berastagi duh segarnya.

Terong Belanda di lahan

Terung Belanda di lahan

Terong belanda-ranum

Terung belanda-ranum menggoda

Terong Belanda-produk

Terung Belanda-produk

Tak hanya itu, karangan bunga dikombinasi terung Belanda juga cantik loh…

Terung Belanda dalam rangkaian bunga

  1. Cabe Dieng
Lombok Dieng-merah merona

Lombok Dieng-merah merona

Cabai Dieng alias cabai gendol atau cabai gendot (Capsicum chinense) atau habanero dengan tingkat kepedasan yang tinggi. Terpikat dengan tampilan cantiknya di kios pedagang dengan kombinasi hijau-jingga hingga merah cerah, saya merunutnya ke lahan. Perdu yang lumayan tinggi ini banyak tumbuh di pematang sayuran.

Lombok Dieng

Lombok Dieng

  1. Bunga Kecubung Gunung
Barisan Kecubung

Barisan Kecubung aka angel’s trumpet di kawasan Candi Arjuna Dieng

Barisan kecubung oranye yang cantik sepanjang pelataran kompleks Candi Arjuna sungguh memanjakan mata. Bentuk bunganya menyerupai terompet sehingga disebut Angels trumpet, Brugmansia keluarga Datura. Varian warna bunganya menarik, selain oranye cerah juga ada putih bersih maupun salem yang kalem.

Kecubung tri warna

Kecubung tri warna di Dieng

Aneka cerita mistis tentang kecubung salah satunya berasal dari kemampuannya membuat halusinasi, khasiat ini kini banyak dimanfaatkan petani untuk pembuatan pestisida nabati. Tak pernah menganggap sesuatu sebagai kebetulan belaka, saya selalu berharap bahwa keberadaan kecubung gunung yang melimpah di Dieng menjadi bagian dari pemeliharaan ekosistem alami Dieng, semisal melalui penerapan budidaya lorong. Penanaman kecubung gunung di barisan pagar antar teras tanaman hortikultura selain berfungsi sebagai pematah angin yang berpenampilan cantik juga sumber bahan organik maupun sediaan pestisida nabati