Tag

Sejenak di Nan Dou Ya

Nan Dou Ya Mosque 1

Nan Dou Ya Mosque

Dari luar, kompleks masjid Nan Dou Ya terlihat tak terlalu luas, ternyata mengikuti pola ngantong areal ini memanjang ke dalam arah Barat ke Timur dan lapang. Terlindung oleh barisan gedung menjulang, singgah sejenak di masjid ini sungguh memperkaya diri. Menapaki beberapa anak tangga dari jalan, pengunjung akan disambut bangunan depan yang ditata ramah. Melintas pelataran depan lanjut gerbang kokoh megah menikmati pelataran tengah disambut petugas tersenyum ramah yang berdiri di depan menara masjid.

Nan Dou Ya 2

Nan Dou Ya dari depan

Menyusuri area sebelah kiri area kamar mandi, tempat wudhu jamaah wanita disambung tempat sembahyang jemaah wanita, sedang area kanan untuk jemaah pria. Sahabat usai sembahyang Zuhur minta diabadikan menjadi lantaran menikmati suasana dalamnya, nuansa putih sederhana dengan bangku di pinggir.

Nan Dou Ya 3

Menyusur Nan Dou Ya

Melewati selasar penuh ukiran seni memasuki pelataran dalam yang sangat lapang dan teduh dengan naungan beberapa pohon besar. Bangunan utama masjid (prayer hall) menghadap ke pelataran utama di simetriskan oleh deretan bangunan empat penjuru angin yang semua menghadap ke kesegaran areal terbuka.

Nan dou ya 5

Selasar di Nan dou ya

Nan dou ya, bangunan utama dari pelataran dalam

Nan dou ya, bangunan utama (prayer hall) dari pelataran dalam

nan dou ya 6

nan dou ya, serba simetri

Takjub dengan keindahan ukiran dan lukisan di langit-langit dengan dominasi merah, hijau, berpadu dengan teduhnya biru, putih, beberapa elemen merah jambu memberikan sentuhan peony cinta kasih dan kebahagiaan. Bila memejamkan mata dari ornament pencirinya terasa keteduhan keakraban suasana di langgar Wak Haji Dullah ataupun suasana surau di Minang tempat para bujang menimba ilmu. Bahasa dan nuansa batin yang sama saat menghampiri Yang Maha….

nan dou ya 7

pola langit-langit di nan dou ya

nan dou ya 9 biru berpadu

nan dou ya….. bulan sabit dan biru berpadu

Masjid Nan Dou Ya dengan sebutan lain Beijing Douban Hutong Mosque menjadi bagian bukti sejarah dan perkembangan kehidupan muslim di Beijing. Perpaduan budaya, kesatuan alam yang terangkum nyata melalui arsitekturanya. Pelataran luar, tengah maupun dalamnya mengingatkan pada pola dasar bangunan rumah ibadah di Bali semisal di Blimbingsari. Perjalanan hati dari hingar bingar semakin ke pelataran dalam nan hening menghampiri Sang Pemilik secara personal. 

nan dou ya 8

icip-icip di nan dou ya

Sejenak di Nan Dou Ya sungguh berkesan…..Bagi pengunjung tersedia toko cindera mata di bangunan depan dan kue-kue nya enak gurih icip-icip penanda pernah singgah…..

Iklan