Tag

, ,

Cerita Cuntel

Panorama cuntel

Pertengahan April lalu, sahabat kebun mengajak, ke Cuntel yook menengok kegiatan kebaktian padang para teruna kebun. Ayook…

[Cuntel dalam bahasa Jawa dapat diartikan berhenti/stop. Yuup menggambarkan Cuntel daerah teratas di lereng Merbabu dari arah Kopeng, Getasan, Kab. Semarang. Perlu waktu 35 tahun untuk menyambangi kembali daerah ini.

Awal bergabung di kebun, diajak Mister Kebun yang asli dari negara kincir angin bergiat di Cuntel. Beliau melakukan pendampingan petani setempat. Khas daerah lereng gunung yang sejuk dingin dengan andalan tanaman sayuran.

Blusukan di ladang jagung, dengan santai beliau mengupas kelobotnya dan nyam nyam memakannya mentah, manis loh tawar beliau. Wuih belum bisa ngemil jagung mentah, toleransi saya petik tomat di kebun basuh secukupnya atau malah sekedar di lap dengan lengan baju dan gigit. 35 tahun silam saat penggunaan input dari luar masih minimal, tanpa khawatir berlebih tentang residu yang menempel.]

Ke Cuntel yook

Menanjak dari Kopeng di pinggang Merbabu, menyela hutan pinus, terhampar ladang sayuran petani. Daerah sekitar Cuntel sungguh berdandan, melewati beberapa tempat wisata kekinian. Saya tanya anak-anak definisi wisata kekinian, itu loh ma tempat yang banyak sarana pepotoan dengan latar alam cantik dan unggahable eh instagramable..ooh serasa gagap zaman.

CG Pinus Cuntel

Tujuan kami adalah camping ground pinus Cuntel. Melewati gerbang basecamp pendakian Manggala Merbabu Cuntel, mari belok kiri, jalan beton mendaki. Lokasi yang teduh sejuk di kerimbunan pinus. Memandang ke atas terlihat gagahnya kelerengan Merbabu. Ke arah bawah, olala sepasang gunung Andong dan Telomoyo.

ladang di Cuntel berlatar gunung

Tersedia ayunan kekinian diantara pepohonan. Tempat kemping datar luas dengan fasilitas kamar mandi, pondok maupun semacam aula terbuka untuk makan dan acara. Beberapa gazebo bambu untuk bersantai. Ngobrol dengan pengelola Pinus Cuntel yang satu grup Pinus Kenteng, apresiasi dengan kiprah beberapa anak muda yang mewadahi minat generasi kini pada kegiatan alam luar. Sigap mengangsurkan brosur aneka kegiatan yang dikelolanya. [sukses menangani kegiatan kami mendampingi taruna kebun berikutnya]

Kembang Gunung

Pemukiman Cuntel

Menelusur sejenak ke daerah pemukiman. Khas perumahan di lereng gunung. Tertata rapi, rumah tidak terlalu tinggi, jarak relatif berdekatan. Seolah menyungkup kehangatan dan secara alam menyediakan ruang lapang untuk berladang.

Cuntel golden sunset

Sambil pulang, melihat salah satu pojok Cuntel yang banyak ditawarkan. Inilah Cuntel Golden Sunset, tergambarkan jasa apa yang dijual. Karang taruna setempat mengemas sesuai karakter target, harus indah tertangkap jepretan kamera.

cuntel golden sunset properties

Gardu Pandang Kopeng juga Bukit Harapan Cuntel memanggil para penikmat keindahan alam. Melengkapi sisi gembira dengan makin terbukanya wilayah Cuntel yang tak lagi sepi, menitip harap setiap pengunjung juga memelihara ketertiban berlalu lintas di desa. Menjaga kesantunan dan kasih sayang terhadap alam yang menyuguhkan keelokan. Inilah secuil cerita Cuntel.