Tag

,

Pesona Nilam Sari

Membicarakan nilam sari, tercatat tiga hal menarik darinya:

1. Hikayat Putri Nilam Sari.
Kekayaan cerita rakyat Nusantara, suatu folklore yang mengisahkan seorang Putri Melayu, putri cantik nan rupawan, rajin, berbudi pekerti luhur dan tidak angkuh. Keluwesan tangannya diwujudkan dalam pandai merenda dan membuat kueh. Orang disekitarnya sangat kagum, memuji perangainya dan hangat membicarakannya. Selain pembelajaran budi pekerti hikayat ini juga dilekatkan pada asal mula Selat Nasi di Pulau Subi Kepulauan Riau.

2. Nilam’s sari atau sari nilam

Nilam

Nilam

Tanaman nilam yang menawarkan gemerincingnya dolar bagi pelaku bisnisnya. Tanaman perdu yang dipanen daunnya kemudian di suling untuk mengeluarkan sarinya yang bening kemilau. Ekstrak nilam ini laku keras sebagai bahan dasar obat maupun wewangian. Bisnis sari nilam juga mendongkrak perekonomian di pedesaan, sekelompok ibu-ibu mempersiapkan pembibitannya. Ekstraksi dapat dilakukan pada skala rumah tangga maupun kelompok industri.

3. Putri Nilam Sari dari Bukik
Ini tentang kiprah seorang putri Bukik yang mempersembahkan sari ketrampilannya dalam berolah gigi di Puskesmas Nilam Sari. Pesona putri pemilik Ladang Jiwa ini juga membius jagad perblogan, ladangnya menyuguhkan berbagai kesegaran penuh vitamin, sapaannya di blog sahabat menebar semangat. Tak cukup dengan kepiawaian tersebut sang putri juga menjajal event putri pariwisata dengan kolaborasi Kisahku-TdRM.

Nilam sari dan sari nilam manakah yang sahabat rasakan sari keindahannya? Selamat berbagi sari kehidupan.

Iklan