Tag

, , , ,

Hitam Merah Terang di Buduk Badung

GKPB Buduk dari pelataran bawah

GKPB Buduk dari pelataran bawah

Melihat foto-foto cantik GKPB Buduk, Mengwi, Kabupaten Badung di Bali yang berseliweran di medsos sungguh membuat kemecer. Bersyukur berkesempatan mengikuti ibadah di bulan Juni 2013 silam setelah menikmati semalam di Blimbingsari Kabupaten Jembrana.

GKP di Bali-Buduk

GKP di Bali-Buduk

Akulturasi budaya dalam arsitektura rumah ibadah tumbuh subur di Bali. Gapura mengadopsi candi bentar dengan materi granit hitam. Pelataran meliputi pelataran luar, tengah dan dalam atas. Tiga pintu merah berjajar di bagian depan. Sepasang pohon kamboja berbunga lebat yang membingkai bangunan. Sepasang bale kulkul (kentongan) di balkon depan. Kubah utama yang menjulang dengan tiga tingkatan tingkap. Keelokan arsitektura wadag/tampak fisik yang berpadu dengan simbol makna.

Berbimbingan mendaki memasuki gerbang

Berbimbingan mendaki memasuki gerbang

Mari berbimbingan tangan mendaki tangga berdasar hitam memasuki gapuranya. Membawa segala ‘warna hitam’ diri aneka alpa, kedegilan hati dan ketidaktaatan.

Gerbang dari pelataran

Gerbang dari pelataran

Berdiam diri sejenak di pelataran bawah, menghidu harum kamboja, menatap kubah tiga tingkap dan bersiap mendaki tangga lagi

Mendaki pelataran dalam

Mendaki pelataran dalam

Memasuki pelataran tengah, semakin memantapkan hati, menanggalkan pusat keakuan…

Hingga menapaki pelataran atas. Menunduk sejenak, menatap ke bawah hamparan warna dasar hitam, menyepikan diri dari kehingaran.

Pintu merah utama tertutup

Pintu merah utama tertutup

Pintu pendamping kiri kanan yang terbuka

Pintu pendamping kiri kanan yang terbuka

Berhadapan dengan pintu merah utama yang tertutup, mari masuk melalui pintu merah pendamping di kiri kanan kori tengah. Ruang ibadah berlantai putih terang yang sungguh kontras dengan warna hitam di halaman. Ruang dalam dengan cat dinding terang.

Karpet merah

Karpet merah menuju altar dan mimbar

Menapaki hamparan karpet merah yang berujung di altar dan mimbar utama. Hanya ‘merah’ pengorbanan beralaskan kasih tiada terperi yang mampu membasuh ‘warna hitam’ yang melekat di hati. Hitam dibasuh merah menjadi warna terang. Perdamaian dianugerahkan. Ornamen alfa omega dalam ornamen khas Bali menghias altar.

Ruang dalam dengan warna terang

Ruang dalam dengan warna terang

Terang....

Terang….

Sepasang bangunan kulkul di balkon depan. Bunyi kulkul menjadi penanda waktu berhimpunan para umat.

Bale Kulkul GKPB Buduk

Bale Kulkul GKPB Buduk

Usai ibadah, pintu utama tengah dibuka. Pengutusan memasuki kehidupan sehari-hari bagian dari ibadah. Berdamai dengan sesama ciptaan termasuk lingkungan.

Pintu utama dbukakan

Pintu utama dbukakan

Siklus hitam merah terang, pertobatan yang senantiasa perlu diperbaharui. Selamat Jumat Adi.

Iklan