Tag

, , ,

Verbena di Savana Bromo-Tengger

Verbena di Savana

Verbena di Savana Bromo-Tengger

Mendahului perarakan pasca fajar dari Pananjakan (Desa Wonokitri) yang akan turun ke kaldera Bromo-Tengger, kami melaju turun, belok kiri di pertigaan Dingklik (pertemuan dengan jalur Ngadisari-Pananjakan) dan melintasi lautan pasir. Tujuan pertama kami ke bagian terjauh dahulu yaitu padang sabana, bukit teletubies, pasir berbisik baru ke kawah Bromo.

Padang rumput sabana

Padang rumput sabana Bromo-Tengger

Pergeseran nyata dari lautan pasir ke padang rumput bersemak rendah. Melewati plang nama blok Savana, memenuhi pesan mbak Luluk dan Pak Marno empunya home stay, pak Eddy mengarahkan hardtop ke padang rumput lebih jauh. Pohon rindang di tengah padang rumput…..

Pohon di Sabana

Pohon di Sabana

Savana dalam bahasa Indonesia sabana berarti padang rumput yang dipenuhi oleh semak atau perdu diselingi pepohonan di padang pasir. (serasa praktikum mencocokkan definisi) Elemen padang pasir, kombinasi rumput-semak dengan selingan pohon. Bentang alam dengan ekosistem yang khas. Masyarakat setempat menyebutnya ara-ara Ider-ider.

Ara-ara Ider-ider

Ara-ara Ider-ider Kaldera Tengger

Sementara para muda sibuk berfotoria, mari amati padang rumput nan luas ini. Aneka jenis rumbut pun bebungaan tumbuh subur. Pastinya ini jenis tumbuhan tahan uji terutama dengan lonjakan suhu tinggi pun sinar matahari garang di siang hari dan anjlok dengan suhu sangat rendah di malam hari. Tahan terhadap hembusan angin bebas tanpa barrier kecuali tebing-tebing gunung. Tebaran ungu cantik dari tumbuhan Verbena, sembulan bunga kuning merona dari kelompok tumbuhan adas. Saat kami bercerita adas ini menjadi tumbuhan obat di daerah kami, Pak Eddy mengatakan tumbuhan ini kami biarkan bebas tumbuh belum digunakan secara maksimal.

Sabana di Kaldera Tengger

Si Ungu cantik penghias Sabana di Kaldera Tengger

Yook saatnya pamit dari hamparan ungu Verbena di Savana Bromo Tengger

Iklan