Tag

Asiknya Ternak Kenari

Bagian dari kegiatan tilik anak secara berkala…..Suara kemluthek dari dapur 6S (6th sist) di hari Sabtu pagi di kawasan Cibubur menjadi penanda geliat hari baru. “Apa nih acara hari ini?” “Biasa budhe, kita ternak kenari“…Ooh ternak kenari alias anter   anak ke sana ke mari…. Personilpun ditata, mama antar kakak kegiatan sekolah, papa anter dan menemani adik di kegiatan bersama teman-temannya.

Sekolah nan hijau

Sekolah nan hijau

Persinggahan peternak (peraga anter anak) diawali dengan kawasan teduh di Cijantung, memasuki kompleks Kopassus tertib rapi menuju SMAN nan hijau. Agak jauh dari mall dan kawasan bisnis, pekarangan yang lapang, halaman sekolah yang tertata indah dengan pepohonan, tanaman hias maupun pot, menyaring udara kotor menjadi segar.

melongok-longok

melongok-longok di GanCy

Lanjut melewati pondok indah menuju persinggahan di kebun Gandaria, yook bangunkan Mas Tengah ….. Menerima sidak, Mas Tengahpun bergegas mandi dan bergabung dalam perarakan mencari thotholan pagi, persis keluarga burung kenari begitu bangun, berkicau dan nothol. Suitanpun segera dikirim ke Mas mbarep di kebun Karet, hayo mau dijemput….”Induuk tunggu aja di GanCy aku mau gabung“… saatnya sejenak melongok-longok sarang Gancy yang gemerlap jelang Natal.

Musik menghangatkan keluarga

Musik menghangatkan keluarga

Peternak kenari dengan rombongannyapun kembali ke susuh/sarang 6S, dengan riuh menyerbu thotholan siang, dan naluri kenari kembali nampak, setelah lega tembolok terisi saling berkicau bernyanyi dan bermusik. Kebahagiaan induk burung adalah saat anak-anaknya berkumpul di sarang seraya berkicau ceria….ibaratnya induk bertengger di dahan sofa sementara anak-anaknya berceloteh seraya berlompatan antar ranting. Agenda peternak kenari belum usai, jelang sore kembali mama mengantar kakak les musik sekalian mempersiapkan kelompok drama kanak-kanak.

Menikmati hak sulung, inilah keunikannya begitu mengetahui kedatangan kakak tertua (1S) tilik anak, rombongan keluarga 7S bergabung dan disusul keluarga 5B. Perarakanpun dilanjut, grudugan kemriyek rombongan 4 keluarga peternak kenari mencari thotholan malam di gubug udang.

Syukur atas keluarga

Syukur atas keluarga

Inilah sepak terjang ternak kenari…. anter anak ke sana ke mari, masa yang kadang terasa gedabigan seolah kurang waktu, masa bagaikan anteng kitiran karena perlu bergerak sangat cepat mencari materi prakarya, keburu terlambat ke sekolah. Masa indah yang tak terulang yang menjadi bagian siklus karena ada masanya saat raga meringkih jadi termak kenari alias anter emak bapak ke sana kemari. Asiknya ternak kenari seraya berdendang …….Syukur atas keluarga penuh kasih yang mesra…….

Iklan