Tag

, ,

Berkunjung ke Bumi Makepung

Pengeragoan Gerbang Timur Bumi Makepung
Bumi Makepung julukan Kabupaten Jembrana adalah bagian pesona keindahan Pulau Dewata yang memikat kini menjadi tujuan kami. Keluar dari Bandara Ngurah Rai perjalanan sangat lancar, keberadaan under pass di Simpang Siur Dewa Ruci sangat membantu mengurai kemacetan di simpul ini. Menyusuri keramaian Kabupaten Badung ke arah Barat, menikmati keindahan alam Kabupaten Tabanan bagian Selatan dengan hamparan sawah berundak dan kelokan tajam berseling pemandangan Samudra Indonesia sungguh memanjakan mata. Selepas Kabupaten Tabanan, disambut gerbang Timur Kabupaten Jembrana di Kecamatan Pekutatan tepatnya Desa Pengeragoan disuguh hamparan biru kawasan wisata pantai persis di pinggir jalan raya Gilimanuk-Denpasar.

Pantai Pengeragoan

Pantai Pengeragoan-burung melayang

Pura Rambut Siwi

Berkunjung ke Bumi Makepung menikmati keindahan alam sekaligus berguru kepada blogger fotografer kondang, tak lain Bli Budi empunya ceritabudi yang membius pembacanya dengan foto-foto luar biasa karya beliau. Memiliki keramahan khas Bali, Bli menyambut kami (ibu dan saya) persis di gerbang Timur Jembrana di Nyiur Indah dan ngobrol santai sejenak. [Sambutan Bli Budi membuat Ibu merasa berjumpa putera kesekian belas (karena Bli jauh lebih muda dari adik bungsu) dan menurut saya lebih mirip cucu pertama ibu…..] Jadilah Bli Budi momong sepasang nenek.

Pura Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi

Perjalanan berlanjut ke Pura Rambut Siwi, pura di tengah hamparan sawah, di bagian tebing tepi pantai menguarkan aura keagungan di keindahan alam. Bila saya menggenggam kamera saku dengan mode otomatis plus ajian jebret saja, Bli Budi berbekal aneka perangkat.

mendaki Pura Rambut Siwi

Mendaki Pura Rambut Siwi

Jelang Odalan Pura Rambut Siwi

Jelang Odalan Pura Rambut Siwi

Seraya ngobrol jadilah tutorial singkat… “Foto yang apik selain memperhatikan fokus obyek perlu dibarengi bingkai. Coba mari ambil gambar eyang dengan bingkai kiri obyek berupa pita kuning ini” papar Bli Budi. ..jebret… “Nah, bingkai kiri obyek terlalu melebar, mari bandingkan dengan menggeser kamera sedikit ke kiri” ….jebret… Hehe pinggir kiri obyek menyempit tapi bagian arca di pagar jadi menggendut sehingga proporsi tak seimbang, mohon maaf ya eyang jadi foto model pembelajaran anaknya ….

Pura Rambut Siwi-Tutorial 1

Pura Rambut Siwi-Tutorial 1 (before and after)

Mari arahkan kamera ke arah tangga bawah, dengan memilih sembarang obyek” ajak Bli Budi. Dan naluri tukang kebun memilih pohon kelapa elemen pura dan pantai ….jebret….”Obyek pohon kelapa ini, ibarat orang mengenakan baju kependekan, mari dicoba dengan arah kamera sedikit merunduk”….dengan patuh, jebret….Proporsi lebih enak dilihat, namun ganti gradasi warna biru langit nampak pudar…. ”Dalam fotografi, pokoknya berani jebret, dirasakan dengan gembira, dan dicoba terus” demikian semangat dari Bli Budi.

Pura Rambut Siwi-Tutorial 2

Pura Rambut Siwi-Tutorial 2 (before and after)

Tutor beraksi

Tutor beraksi

Menuruti rasa hati masih ingin berlanjut ngobrol, tawaran keindahan sun set disimpan untuk kunjungan berikutnya [semoga…], kemurahan hati Bli untuk mengawal sampai Blimbingsari yang sebelumnya telah beliau survai dan disajikan sebagai appetizer kunjungan ke Bumi Makepung sungguh kami hargai, namun untuk sementara kami cukupkan dengan saling berjabat tangan hangat di lapangan Negara. Matur suksma Bli untuk kemurahan berbagi keagungan, keindahan dan ilmu di Pura Rambut Siwi, Swastyastu.