Tag

, , ,

Pohon Kesemek si Buah Genit

Bulan Mei Juni adalah masa panen raya buah kesemek salah satu sentra produksi nasional di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Sepanjang jalan raya jalur wisata  Solo Selo Borobudur (SSB) pohon kesemek  tampil sarat buah meranum. Beberapa sangat pendek dengan buah menjuntai…..

Dahan kesemek sarat buah

Dahan kesemek sarat buah

Menurut Pak Haryono, PPL di Kecamatan Selo, potensi buah kesemek ini luar biasa. Kini setiap tahun ekspor kesemek ke Singapura melalui eksportir di Surabaya. Kesemek (Diospyros kaki) adalah jenis  buah-buahan dari genus Dyospiros.

Pohon Kesemek

Pohon Kesemek

Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan kledhung, kaki, sharon, persimmon. Buah kesemek yang matang berwarna antara oranye kekuningan, oranye kemerahan dan berukuran diameter antara 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung, atau dikeringkan atau diolah dalam bentuk matang. Buah kesemek kaya akan protein dan glukosa serta memiliki bermacam manfaat obat-obatan dan kimiawi. Berdasarkan keanekaragaman kandungan gizinya, mengkonsumsi buah kesemek dipercaya mampu menghambat proses penuaan dini. Mari simak penuturan rincinya di blog sahabat YSalma.

Kesemek

Kesemek

Keunikan buah kesemek ini menarik perhatian beberapa sahabat kebun di Salatiga untuk menelitinya lebih lanjut. Populasi pohon kesemek yang semakin menyusut menggelitiknya untuk melakukan upaya penangkaran melalui setek akar. Pertumbuhannya yang agak lambat belum memenuhi kebutuhan peremajaan tanaman tua.

Belum lagi penampilan buah lokal ini yang selalu berbedak tebal hingga dijuluki si buah genit. Kesemek yang berkembang di Selo dan beberapa kawasan lain di Indonesia, umumnya merupakan varietas kelat (astringent), yang baru bisa dikonsumsi setelah diperam dengan air kapur. Kandungan tannin yang memberi rasa sepat serasa mencekik leher berkurang dengan pencelupan buah ke bak kolam berisi larutan kapur. Peningkatan pH oleh pulasan kapur memungkinkan buah dengan tekstur renyah ini untuk dikonsumsi segar. Akibatnya tampilan buah menjadi tidak menarik bagi konsumen, mengingat permukaan buah menjadi seperti berbedak kapur dengan lapisan yang tebal. Ada pemikiran untuk menyambungnya dengan pucuk kesemek dari daerah batu Malang yang memiliki rasa renyah manis hampir tanpa sepat.  Batang bawah didapat dari materi lokal yang memiliki ketahanan tinggi terhadap lingkungan  lokal dan buah dari batang atas  materi unggulan dari segi rasa.

Dodol Kesemek

Dodol Kesemek

Perhatian lain diberikan kepada kaum ibu dengan meningkatkan sentuhan bisnis pada ketrampilan mengolah buah yang tidak terserap pasar diolah menjadi sale, selai dan dodol. Berikut adalah tahapan pembuatan dodol kesemek.

Cara Pembuatan

Cara Pembuatan Dodol Kesemek

Sahabat kebun bermimpi suatu saat salah satu daya pikat wisata Selo adalah agrowisata kesemek. Tanaman diperlakukan dengan pengelolaan mirip tanaman apel, ketinggian terjangkau, buah oranye keemasan meranum, tanpa rasa sepat, tanpa harus berbedak tebal dan keceriaan pengunjung memenuhi lahan penduduk. Perekonomian ikut didongkrak semakin tinggi, buah segarnya menyehatkan konsumen, semoga mimpi sahabat yang juga perhatian terhadap masyarakat Selo terwujud.