Tag

, , , ,

Tips Packing Bawaan Pakaian Dolan Musim Semi

Danau Luzern wisata air

Setelah postingan traveling tanpa pusing biaya roaming, sekilas hotel yang bukan review dan makanan selama dolan ngulon, tips memilih agen wisata ada yang menanyakan informasi tips packing bawaan selama dolan. Hah….agak sulit bagi saya. Kalau hotel saya tinggal menarasikan tempat menginap yang sudah disediakan agen wisata, itupun tinjauan khas ala emak kebun dengan kebutuhan dasar teko air hangat, pengering rambut dan setrikaan. Sedangkan untuk sajian antara dolan dan makan kami hanya menuliskan pilihan makan alam kami, yang sesekali tetap menyelipkan menu ala Timur.

Untuk pakaian jelaslah ini selera, juga kesukaan seni foto dan unggah. Ya sudah, kembali sajian ini berdasarkan selera emak kebun yang serba simpel dan jarang ada foto diri, utamanya nyaman dan hangat di badan. Berikut (semacam) Tips Packing Bawaan Pakaian Dolan Musim Semi:

Pakaian dan Pertimbangan musim selama dolan. Macam pakaian antar musim tentunya berbeda. Saat musim dingin, apalagi bagi kita orang tropis sangatlah diperlukan busana khas, bawaan bisa menjadi lebih banyak. Musim semi peralihan dari dingin ke panas, sediaan pakaian hangat tetap perlu meski tidak setebal baju musim dingin. Dolan di musim panas, bawaan baju katun ringkas nyaman agar tidak gerah. Gantian musim gugur peralihan dari panas ke dingin, mari sesuaikan busana agar nyaman dan badan sehat tidak terganggu perubahan cuaca.

Besaran koper dan bagasi oleh maskapai penerbangan. Setiap maskapai penerbangan memiliki batasan bobot dan jumlah bagasi free. Semisal kalau kita menggunakan jasa SQ bagasi sedikit lebih longgar. Kecuali kita siap membayar kelebihan bagasi dan siap mengawal beberapa koper. Pilihan kami saat itu adalah koper sedang dengan ukuran mampu dorong dan angkat sendiri plus satu tas beroda ukuran kabin untuk sediaan keperluan selama perjalanan. (Tanpa menambah tentengan lagi saat pulang)

Padu padan berangkat pulang

Modal Padu Padan. Buat beberapa orang tampilan sangat perlu, setiap hari perlu ganti outfit, matching dari alas kaki, busana hingga tas. Nah yang ini bisa dikalkulasi, bawaan busana dan perlengkapan akan setara dengan jumlah hari dolan, paling akan sedikit dikurangi dengan jumlah alas kaki dan tas yang dikelompokkan senada warna busana.

Cara lain adalah padu padan. Berikut adalah pilihan emak kebun dengan paduan dasar yang dipilih adalah bawahan berupa celana panjang, atasan bisa berupa kaos atau blus antara lengan ¾ hingga lengan panjang bahan tidak terlalu mudah kusut, serta baju luar yang hangat.

  • Celana panjang: setengah jumlah hari dolan, artinya satu celana panjang dipakai 2 kali dan tidak harus berturutan. Pilihan warna saya tak bergeser dari warna dasar netral hitam, biru tua, coklat dan gradasinya.
  • Baju atasan: sejumlah hari dolan, rasanya agak risih kalau tidak ganti baju atasan setelah seharian beraktivitas.
  • Baju luar hangat: sesuai selera dan ukuran koper. Membawa 1/3 -1/4 jumlah hari dolan, artinya 1 baju luar untuk 3 hingga 4 kali pakai.
  • Alas kaki: pilihan emak kebun sepatu kets tahan air dan sepatu ala kanvas, keduanya tertutup biar hangat, antisipasi satu basah atau dingin lembab masih bisa dipakai. Warna netral bisa cocok dengan pakaian warna apapun.
  • Kaos kaki: sejumlah hari dolan, terdiri dari kaos kaki tebal untuk tujuan dolan gunung dan pas sangat dingin, ketebalan sedang dan sebagian yang tipis misal untuk hari-hari berangkat, pulang atau hari dolan yang lebih banyak di perjalanan.
  • Penutup kepala dan syal: ada pilihan topi lipat ringan untuk melindungi kepala dari sinar matahari/angin dan tentunya penutup kepala penghangat semisal rajutan, saya memilih keduanya dengan warna dasar netral biar mudah dipadupadankan. [Untuk para sahabat yang berbusana muslim, ini bisa jadi bagian variasi juga loh. Karena bahan bisa dilipat ringkas, bisa dibawa sejumlah hari dolan. Tampilan segar modis setiap hari ganti kerudung] Lah untuk saya pribadi divariasi dengan syal, sekalian untuk ubel-ubel leher biar hangat, jumlah setengah hari dolan.
  • Pakaian tidur dll: cuaca musim semi yang tidak terlalu dingin, juga produksi keringat yang tak berlebihan, setiap stel baju tidur bisa digunakan lebih dari sehari loh, silakan dihitung sendiri toleransinya mau dipakai hingga berapa kali, sehingga bisa mengurangi bawaan. Jangan lupa membawa serta longjohn untuk menjaga kehangatan tubuh, jumlahnya bisa disesuaikan. Saat itu saya hanya membawa 2 stel, karena tidak diperlukan setiap hari. Bisa dicheck di accuweather prediksi cuaca dari setiap destinasi kita.
  • Tas cangklong: jangan ditiru gaya emak kebun dengan tampilan monoton satu tas cangklong warna hitam ukuran sedang untuk keseharian.

padu padan ala krem

Padu padan ala merah anggur

Padu padan ala coklat kopi

Nah berdasarkan pola padu padan, terlihat di foto faktor penunjang utama tampilan padu padan di awal musim semi ada di baju luar, lah baju atasan tak akan terlihat, begitupun bawahan celana panjang. Kalau membawa baju luar beberapa kan makan tempat, nampaknya perlu disiasati dengan syal yang ‘sedikit berani warna/warni’ nih. Pemilihan syal batik ataupun atasan batik juga menarik loh. Sapaan dari Indonesia ya…saat di Milan pun di area menara Eifel juga dari identitas batik yang  saya kenakan hehe..

Penataan dalam koper. Setiap pedolan memiliki seni menata bawaan dalam koper. Tersedia aneka tas dalam tas (traveling bag in bag organizer) untuk menata baju dan aneka item agar rapi dan terorganisasi. Memahami urutan tujuan dolan dan karakter cuacanya. Semisal pergerakan dari Itali yang secara lintang paling dekat dengan khatulistiwa (berarti agak hangat) dari rentetan dolan, bisa ditata pakaian tidak terlalu tebal di atas, lanjut pakaian tebal di tengah untuk daerah lebih ke Utara yang lebih dingin dan paling bawah untuk pakaian di hari-hari agak akhir lebih tipis karena cuaca sudah menjadi lebih hangat.

Padu padan syal

[Kiat hemat bawaan hasil pengamatan gaya teman-teman dolan, tentunya ini akan mengurangi waktu menikmati suasana, kecuali memang lumayan suka menikwati waktu belanja dan tentunya menyediakan budget:

  • hanya membawa satu baju luar/hangat yang dipakai saat berangkat, yang lain membeli di tempat tujuan. Harga lumayan menawan karena pakaian tebal yang dijual di luar musim dingin agak turun harga, kalau beruntung bisa mendapatkan harga yang tak beda jauh dengan jaket yang dibeli dari rumah. Hari ini beli besok langsung dipakai, kalau merasa risih bisa disetrika di hotel untuk sanitasi hehe…
  • Dari rumah mencangklong tas kain yang mudah dilipat, lah tampil beda dengan tas bergantian warna dan model yang dibeli langsung….
  • Untuk sepatu rasanya riskan, kalau nomor tidak tepat pas dan belum sempat lama dijajal, kalau tumit lecet karena banyak jalan dan sepatu baru kan kurang nyaman..
  • Sstt  bisa juga loh hanya beli yang ringan semisal syal untuk sedikit tampil beda…]

Inilah (semacam) Tips Packing Bawaan Pakaian Dolan Musim Semi ala emak kebun, setiap pedolan pasti punya seni packing yang spesifik, mari silakan saling melengkapi.