Tag

, ,

Mengembangkan Kecintaan Seni Bercerita

Lomba Bercerita

Lomba Bercerita Legenda Salatiga

Beberapa hari yang lalu, saya mengembalikan buku pinjaman di Perpustakaan Daerah Salatiga. Suasana hingar terasa sekali sejak memasuki halaman gedung. Pameran buku yang digelar oleh toko buku besar G* ramai pengunjung, parkiran terasa penuh. Begitupun suasana di lantai 1 terasa berbeda, siswa bersama guru dari beberapa sekolah berkumpul. Ooh terlambat nih, beberapa saat sebelumnya ada acara lomba bercerita “Legenda Salatiga” tingkat SD dan MI.

Bercerita? Siapa yang tidak suka mendengar cerita, apalagi bila sang pencerita memiliki daya pikat memiliki seni bercerita yang elok. Alur cerita yang runtut, improvisasi, membangun keterdekatan emosi pendengar melalui permainan olah suara, mimik pun bahasa tubuh juga pemanfaatan alat peraga. Sungguh tidak terasa ceritapun sudah tamat alias cuthel dan pendengar berseru lagi…lagi…. Pesan tersampaikan dengan halus, pengulangan berikutnya dan berikutnya melalui metode bercerita yang berbeda menjadi penguat dan penyubur benih pesan yang disampaikan semisal tentang budi pekerti kesetiaan dll.

Seni bercerita mencakup ranah kognitif kemampuan mengingat, memahami dan menata plot cerita dengan apik. Mengembangkan kemampuan afektif, rasa menghargai materi yang diceritakan, membangun kesatuan rasa dengan audiens, sehingga pencerita maupun mendengar menjadi pemilik bersama atas nilai dan esensi cerita. Juga meningkatlan ketrampilan ranah psikomotorik, melalui pengelolaan produksi suara, gerak bahasa tubuh pun kini dengan topangan teknologi komunikasi dan informasi semakin dituntut ketrampilan memadukan segala sumber daya agar seni bercerita menjadi efektif.

Nah kemampuan seni bercerita tidak lahir dengan sendirinya, perlu diperkenalkan, dikembangkan menjadi kecintaan bercerita sejak usia dini. Apresiasi luar biasa untuk penyelenggara acara ini….. Perpustakaan Daerah Salatiga tidak hanya sekedar sosok gedung megah namun sekaligus menjadi ajang berkumpulnya aneka komunitas untuk belajar dan menggelar karya. Selamat terus berkarya….mengembangkan kecintaan seni bercerita….. [Bagaimana Mengembangkan Kecintaan Seni Bercerita, menurut sahabat? Terima kasih sharingnya….]