Tag

,

Pesona Reservoir Siranda

Reservoir Siranda-bangunan bersejarah di Kota Semarang

Salah satu keuntungan ngebun sementara di Semarang, saya berkesempatan mengunjuni reservoir Siranda, salah satu bangunan bersejarah di kota Semarang. Berupa gundukan bukit berselimutkan rumput hijau itulah dome/kubah reservoir, tandon air dengan kapasitas 3 750 meter kubik yang kini dikelola oleh PDAM Tirta Moedal, Semarang. Terlihat kupola berjendela model krepyak tepat dipuncak kubahnya. Gerbang reservoir Siranda berpenanda 1912, tahun pembangunannya sebelum tahun kemerdekaan RI. Bangunan lama yang masih tetap berfungsi hingga saat ini dan terlihat biru anggun.

Reservoir Siranda

Mengunjungi reservoir Siranda mengingatkan betapa perjuangan dr. Kariadi yang meretas hoax berita yang memancing keresahan warga masyarakat Semarang akan berita peracunan tandon air keperluan hidup khalayak. Sejarah mencatat, beliau gugur saat menjalankan amanah memeriksa kebenaran berita dan nama beliau diabadikan menjadi RSUP dr. Kariadi, yang berkiprah secara nasional di Semarang. Selalu ada pembelajaran saat kita berkunjung ke bangunan bersejarah. Reservoir Siranda juga terkait dengan perjuangan heroik Pertempuran Lima Hari yang monumennya bisa dilihat di Tugu Muda Semarang.

Bagi sahabat kebun rynari yang sedang berada di Semarang, mangga disempatkan berkunjung ke bangunan bersejarah Reservoir Siranda di kawasan Lempongsari, Gajahmungkur yang sejuk. Salam

Iklan