Tag

,

Kopdar Permadani Kebun (KPK)

Bukan mengikuti KPK yang selalu jadi perbincangan hangat, ini KPK alias kopdar permadani kebun…. Postingan kopdar sedang menghangat di kebun, ini kisah kopdar sekian warsa yang lalu. Saat sedang istirahat sejenak di bawah pohon dihampiri pyayi gagah pideksa yang belum dikenal, namun senyumnya terasa tidak asing….gelombang naluri tukang ngeblog reflek diasah. Mas Wong Cilik yang bermukim di relung hati….yap jumpa tukang kebun. Obrolanpun segera bergulir, pengenalan melalui saling komen di postingan masing-masing menjadi jembatan percakapan, jalinan antar blogger yang sama-sama ‘dikenal’ menjadikan perbincangan semakin gayeng.  

Perjumpaan awal yang diikuti jumpa dan bertemu berikutnya, di pematang kebun, nobar di teater kebun, dukun kebun, lah beliau salah satu mandor kebun yang memantau tukang kebun je. Bila saat ini Mas Wong Cilik terlihat jarang ngeblog, beliau sedang merakit banyak permainan baru salah satunya ini logika fuzzy yang berpasangan dengan cinta tak ada logika oleh Agnes Monica. Selamat terus berkarya Mas Wong Cilik yang sesungguhnya Begawan ageng.

Dunia nan luas selalu menyajikan kejutan titik-titik yang terhubung secara tidak sengaja. Saling berbalas komen melalui blog walking, berkenalan dengan mboknewage yang ternyata oh ternyata adik bungsu dari seorang sahabat. Beliau menyajikan postingan ‘wani nyoba supaya bisa’ suasana menjadi murid pawiyatan PERMADANI Salatiga bregada IX. Wuuit naksir nih untuk belajar budaya, bahasa dan sastra Jawa, informasi lanjutanpun dikirim oleh beliau. Kopdar pertama di pertengahan Januari 2015 menjadi awal kopdar berikutnya seminggu dua kali hingga bulan Mei nanti.

Kopdar di hamparan PERMADANI (Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia) bersama menekuni aneka materi dari tembang hingga mranata acara. Tersenyum bersama saat kami saling mengakui menjadi MC bukan tujuan utama kami namun tekad ikut nguri-uri kabudayan yang mempersatukan kami. Waktu belajar dari pukul 19 hingga 22 kami lakoni dengan riang, karena suasana pembelajaran dirancang sangat bagus oleh para dwija (guru) mumpuni dibidangnya. Kopdar yang membuahkan blog wijikinanthi sebagai sarana berlatih menyajikan angan dalam bahasa Jawa, belajar menyerap sari kearifan dari budaya lokal ilmu leluhur. Yook teman-teman yang tertarik silakan bergabung di PERMADANI kota masing-masing.

Ngeblog dan kopdar [meski hitungannya belum melibatkan seluruh jari di tangan] selalu menautkan kenangan manis, selamat ngeblog dan kopdar para sahabat.