Tag

,

Menularkan Urban Farming

Tularno

Hampir sebulan yang lalu saya menghadiri pertemuan di rumah keluarga Tularno. Keluarga yang ramah berumah nyaman dengan pekarangan yang asri. Ibu Tularno menjelaskan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dicanangkan melalui kader PKK di RT beliau. Tanaman tomat cheri, terong, cabai, kacang panjang, mentimun tumbuh subur dalam pot maupun polybag yang disusun rapi di rak dengan mempergunakan materi setempat. Selain dikonsumsi beliau juga belajar membuat benih sendiri diantaranya nampak terong yang mulai menguning.

Pekarangan Kelg Tularno

Pekarangan Kelg Tularno

pekarangan kelg Tularno rak polibag

pekarangan kelg Tularno rak pot dan polibag

Wajah cerianya semakin berbinar saat bercerita keasyikan beliau bercocok tanam. Senyum geli gemas saat bertutur sebagian polybag cabe berbuah lebat tetiba berganti polybag bertanaman kurus karena ada yang menukar. Nenek bercucu pemuda/pemudi diantaranya sudah lulus kuliah itupun merasakan khasiat berkebun sebagai sarana hiburan dan olah raga. Menyandang nama Tularno (perintah menularkan) dengan riang beliau menularkan pengalamannya berkebun, tak lelah bertanya bagaimana meningkatkan kesehatan tanamannya. Selamat menularkan hobi berkebun kepada adiyuswa dan keluarga yang lain ya keluarga Tularno…….

Urban Farming

Beberapa hari yang lalu seorang sahabat, Ibu Nugraheni Widyawati penulis buku Aren kembali membagikan buku terbitan barunya bertajuk Urban Farming. Beliau menularkan ‘virus’ suka menulis berbagi pengetahuan, pengalaman melalui buku karyanya.

Menyadari bahwa alam perkotaan (urban) berbeda dengan wilayah pertanian pedesaan (rural) begitupun perilaku pelakunya, sangat dibutuhkan gaya bertani yang khas mewadahi pola kota ini. Tak ada alasan tiada kebun pagarpun jadi, takut kotor, bertanipun bisa tetap menampilkan tanaman cantik dan modis penuh gizi.

Urban Farming, gaya bertani spesifik kota yang berperan penting untuk mengurangi pengangguran, menyediakan pangan yang segar dan sehat, memperbaiki kualitas udara perkotaan, menyediakan ruang terbuka hijau dengan banyak fungsi, pemanfaatan sumber daya alam perkotaan, pemanfaatan limbah organik perkotaan dan pemanfaatan lahan terbengkalai…..[Buku Urban Farming]

Mengulas urban farming melalui: Konsep dan pentingnya pengembangan urban farming; urban farming dalam design; aplikasi dan komplemen urban farming di beberapa Negara dan Indonesia; daya dukung dan peluang bisnis dalam urban farming; kendala, tantangan dan kebutuhan untuk pengembangan urban farming.

buku bu Nugraheni

Buku Pohon Aren dan Urban Farming (Foto dari FB Penulis)

Buku tersebut dikemas dalam bahasa yang renyah enak dibaca, tampilan memikat penuh foto berwarna sehingga memudahkan pembaca mengikuti contoh penanaman sayuran dalam aneka wadah dan tananan, menikmati 246 halaman inspiratif tanpa merasa jemu. Tampil mewah dengan kertas foto glossy besutan Lily publisher, imprint dari Penerbit Andi. Buku ini tersedia di toko buku besar di setiap kota.

Belajar dari Bu Tularno dan Bu Nugraheni mari menikmati demam virus bertanam yang beliau tularkan …..

Iklan