Tag

,

Pesona si Biru Hydrangea

Bunga hydrangea atau hortensia (Hydrangea macrophylla) memiliki berbagai julukan seperti bunga bokor ataupun bunga pecah seribu. Dominansi warna birunya memghadirkan keteduhan meski sebenarnya ada berbagai gradasi warna cantik dalam tandan bunganya ada nuansa pink keunguan maupun biru muda. Di beberapa tempat bunga ini juga digunakan sebagai puspa puja untuk penghormatan dalam ibadah. Tumbuh dalam rangkaian yang terdiri dari banyak individu juga melambangkan harmoni dalam persahabatan dan pengabdian. Selamat bersahabat.

Hydrangea/Hortensia biru di Taman GM Kerep Ambarawa

Hydrangea/Hortensia (Hydrangea macrophylla) biru di Taman GM Kerep Ambarawa

Hydrange/Hortensia bunga persahabatan

Hydrange/Hortensia (Hydrangea macrophylla) bunga persahabatan

Genus bunga ini banyak ragam jenisnya. Meskipun  yang paling banyak dari daerah Tiongkok. Warna bunganyapun beraneka ragam, demikian tambahan yang amat berharga dari mas Alamendah.

Catatan tambahan: Genus ini banyak anggotanya puluhan varietas diantaranya Hydrangea macrophylla yang banyak ditanam di Indonesia dan terdiri dari ratusan kultivar (untuk klasifikasi saya angkat tangan). Intensitas Warna biru di helaian bunga berkenaan dengan serapan Al sehingga digunakan pula sebagai bioindikator kemasaman tanah maupun pengelolaan pupuknya. Pada kondisi masam bunga berwarna biru,  netral berwarna krem dan basa bernuansa pink.

Iklan