Tag

,

Nikmatnya Es Gempol Pleret

es gempol-pleret

es gempol-pleret

Salah satu penganan di Kota Salatiga yang bikin kangen adalah es gempol pleret. Gurih manis paduan dari santan kelapa, gula dan kenyalnya gempol-pleret. Gempol terbuat dari adonan tepung beras yang dibentuk tidak teratur, bayangan saya seolah digegem lalu dicotot dengan jempol. Sedangkan pleret yang terbuat dari adonan tepung ketan berupa lempeng tipis hasil dipleret tipis dengan jari. Berhubung saya hanya rajin mencicip namun tak cakap memasak, mari diintip resepnya dari rumah Bundaananda atau dapur mbak DiahDidi. Mau dinikmati tanpa es nyamleng….tambah es juga seger.

Gempol Pleret di tukang dorong

Gempol Pleret ala Mas

Es Gempol-pleret

Es Gempol-pleret ala Mbak

Ada beberapa penjual gempol pleret di Kota Kuliner Salatiga beberapa menjajakan dagangan dengan gerobak dorongnya, nah yang kami cicip ini mudah ditemui karena mbak penjualnya menata dasaran-nya di bagian depan toko Ada Baru Jl Jend Sudirman pusat kota. Selain es gempol pleret, mbak juga menyediakan aneka bubur. Semoga menjadi klangenan warga Salatiga yang menetap dimanapun. [sajen untuk Paman Hantu yang Kutu Kamus]

Tersebar di banyak kota di Jawa Tengah,  dari daerah manakah asal es gempol pleret? Semoga tidak saling adu klaim. Mau mencicip es gempol-pleret?

Iklan