Tag

, , , , , ,

Bila Anggrek Mulai Timbul

Bila anggrek mulai timbul…Aku ingat padamu…. Lagu keroncong yang mendayu-ndayu dari mbak Sundari Soekotjo, menemani pembaca blog Rynari terkasih. Berikut adalah beberapa anggrek kebun yang timbul di bulan Nopember ini. Halaman sempit bukan halangan untuk bertanam kan, mereguk kesegaran kebonan dari pekarangan sendiri meski dengan bilangan ekan meter persegian. Mangga ….

Perkara nama anggrek saya babar blas nggak paham, saat membelinya ada label namun kurang cermat menyematnya.

oncidium-merah

Oncidium merah marun

oncidium-kuning-berkembang

Oncidium kuning

Dari genus Oncidium yang meliputi ratusan varitas, diwakili onci kuning, merah marun dan golden shower dengan bunga kuning menjuntai panjang yang rajin berbunga. Onci kuning kami pecah menjadi beberapa pot dan sedang belajar berbunga. Nah yang Onci merah marun sudah 3 periode berbunga, belum sempat menangkarkan masih tetap satu pot dan Nopember ini menyembulkan 3 tangkai bunga yang berbunga secara beruntun dari tangkai mekar sempurna, mekar campur kuntum dan tangkai masih kuntum. Tampilan daun dari onci merah menampakkan gejala kurang nutrisi, pertanda tukang kebunnya kurang rajin merawatnya hehe.

cattleya-kuning

Cattleya kuning merona blur…

Genus Cattleya ini merupakan salah satu primadona penggemarnya dengan ukuran petal yang besar. Cukup rajin berbunga, dari semula satu pot dengan petal yang super besar, kini dipecah menjadi 2 pot dengan ukuran petal yang belum maksimum. Cattleya ini memiliki bulb sebagai cadangan makanan.

anggrek-bulan-ungu-garis-samar

anggrek-bulan-ungu-garis-samar

anggrek-bulan-ungu-terang

anggrek-bulan-ungu-terang

Keluarga anggrek bulan (genus Phalaenopsis) sangat kaya jenis. Bunga ini puspa nasional Indonesia bersama melati (Jasminum sambac). Jenis ini mudah dipelihara, kurang menyukai sinar matahari langsung. Nah tidak masalahkan tidak memiliki halaman, bisa digantungkan di keteduhan. Nopember 2016 ini si ungu bergaris samar, non ungu terang dan si putih saling setor wajah cantik.

calon-bunga-anggrek-bulan

calon-bunga-anggrek-bulan

Beberapa sahabat anggrek bulan sedang berlomba mempersembahkan calon bunga, entah apa warnanya. Sebenarnya kalau tukang kebun memberi kode dan mencatatnya pasti mudah dikenali setiap tanaman akan menghasilkan bunga warna apa. Letak calon bunganya juga beragam, tangkai bunga A keluar dari batang utama, menyembul dari antara daun, sedang calon B-C-D keluar dari tangkai bunga yang mekar sebelumnya. Bahkan C dan D keluar dari satu tangkai. Bulan Desember-Januari nanti semoga saling menyembulkan bunga.

Media tanam untuk si Onci dan Cattleya kami gunakan campuran cacahan pakis dengan sedikit arang ataupun potongan stereofom bekas. Sedangkan untuk anggrek bulan campuran cacahan pakis dengan sedikit spagnum moss. Sedangkan untuk pemupukan cukup sederhana, usai berbunga pulihkan kesegaran daun dengan pupuk yang mengandung nitrogen (N) atau ramuan jadi pupuk merk bla bla D alias daun. Bila tanaman siap untuk berbunga dengan vigor cukup bagus bisa disemprot dengan pupuk yang kaya unsur fospor (P) atau ramuan jadi pupuk bla bla B alias bunga. Namun pembaca….kalau tukang kebun lagi malas meramu pupuk, mbak Im dirumah cukup menyiram dengan air saja, sesekali disiramkan bekas cucian beras alias pususan, dengan risiko warna daun sedikit kusam memutih.

[Anggrek yang paling mudah dibudidayakan apalagi bagi pemula abadi seperti kami adalah genus Dendrobium. Bulan Nopember ini semua Dendrobium sedang ‘tidur’ tidak setor bunga. Selain keluar ‘anakan’, si dendro ini juga rajin menghasilkan keiki yang akan menghasilkan akar sehingga siap dipotong sebagai individu baru. Media yang kami pakai adalah arang kayu dicampur sedikit cacahan pakis. Anggrek merpati yang berbau wangi mekar sehari juga bagian dari dendrodium, si D crumenatum ini kami tempelkan di pohon palm, petal putih seperti burung merpatinya terlihat anggun sederhana.

Barisan anggrek kebun Rynari yang sepi bunga di bulan Nopember 2016 ini adalah anggrek kalajengking dari genus Arachnis yang bermakna laba-laba. sangat mudah menanam anggrek penyuka sinar matahari penuh ini. Kami menanamnya di dak area jemur pakaian, pada media campuran sabut kelapa dengan batu bata merah, untuk menegakkan diikat ke pagar teralis. Beberapa orang melekatkan anggrek kalajengking ini dengan mitos negatif dalam keluarga. Pada masanya jenis anggrek ini merupakan andalan florist karena harga perkuntumnya terjangkau pembeli]

Bila anggrek mulai timbul…Aku ingat padamu…. Selamat menikmati akhir Nopember.

Iklan