Tag

Pesona Renda

Taplak berenda cantik itu menghiasi meja di ruang keluarga yang memancarkan suasana hangat. Gulungan benang aneka warna dan rajutan setengah jadi tampak di sebuah kursi. Mengalirlah rajutan cerita, bagaimana sang ibu adi yuswa yang saya sowani memanfaatkan waktu di purna tugas beliau. Mendampingi suami yang tetap aktif mengemban aneka tugas di kemasyarakatan, secara berkala dititipi cucu ataupun menemani cucu saat putra putri beliau harus bertugas luar. Mengisi waktu luang beliau merajut aneka bentuk ada taplak meja, syal, tas dengan aneka pola hiasan. Setumpuk karya indah beliau yang siap menambah koleksi putra putri dan cucu sungguh mengagumkan. Betapa bangga para kekasih beliau berselimutkan kehangatan syal yang direnda dengan penuh kasih.

Pesona rajutan

Pesona rajutan

Pesona rajutan kasih

Pesona rajutan kasih

Seorang perempuan yang rajin mengatur rumah tangganya, menggunakan ketrampilannya untuk menyediakan keperluan keluarga dan menata keindahan rumah. Melalui keteladanannya beliau ‘sedang mendidik’ setiap perempuan yang lebih muda untuk memusatkan perhatiannya kepada rumah tangga, suami, dan anak-anaknya sebagai pemenuhan panggilan Ilahi.

Lamat-lamat terdengar lirik lagu … Tangan Tuhan sedang merenda, suatu karya yang agung mulia … mengingatkan bahwa diri ini sehelai benang kusut yang sedang direnda, digabungkan dengan benang-benang lain disusun dalam pola tertentu untuk sebuah karya. Benang kusut ini kadang harus dipotong, ditarik, dibelitkan dalam proses. Setiap pribadi menjadi perenda, perajut harapan dan pinta bagi diri, keluarga maupun bangsanya. Sore mulai menggelap, sayapun mohon pamit, membawa oleh-oleh pembelajaran merenda hidup dari perempuan adiyuswa peneladan. Selamat dirajut dan merajut ….

Iklan