PESONA MAINAN GAYA KEBUN

Bermain merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Kenyataan ini merupakan sumber berkah bagi berbagai industri maupun perajin mainan, dari perajin rumahan hingga industri pabrikan, dari penjaja mainan  keliling hingga toy store mewah. Nah sebagai tukang kebun tentunya akan promosi bahwa kebunpun mampu menjadi industri mainan.

Mobil-mobilan dari kulit jeruk ditarik tali rami atau serat gedebog pisang mampu membuat senyum lebar seorang bocah bak pemilik mobil balap. Senapan pelepah pisang menjadi senjata perang-perangan sekelompok bocah yang dengan lincah berlarian sambil membayangkan mengokang senapan M17. Ada permainan peran, ketrampilan bekerja dalam kelompok, sikap perwira mengenal menang dan kalah yang sedang dikembangkan. Beberapa gadis kecil menguntai kalung dari tangkai daun singkong, menganyam mahkota dari daun nangka seraya duduk anggun berimajinasi menjadi putri raja yang cantik jelita.

Permainan tidak selalu cantik dan bersih, bermain di alam dan bersama alam mengembangkan seluruh kemampuan mengamati dengan indera mata, telinga, hidung maupun perabaan, anggota tubuh serta pakaianpun sering menjadi belepotan tanah. Tanah liat menjadi bahan baku mainan yang sangat variatif, mulai dari boneka tanah liat, gerabah sederhana dll. Ketrampilan tangan, imajinasi serta kelenturan pun dikembangkan. Bersyukur saat kecil ayah yang berprofesi pendidik sering mengajak saya ke kebun, bertanam jagung, mengumpan gangsir. Saat anak-anak kecil merekapun terbiasa main di sawah, di kebun bawang maupun jagung, dasar anak tukang kebun nama merekapun memakai nama tanaman.

Sungai menjadi ajang permainan yang seru, batang-batang pisangpun menjadi mainan yang menarik, seruan-seruan membahana dari pembalap batang pisang menjadi kenangan karena kini jarang dijumpai. Inilah pancaran keceriaan para bocah yang sedang bermain air di kebun kelapa sawit di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Air yang keruh tidak dihiraukan, persahabatan sedang dijalin, berharap diantara mereka akan lahir pemulia sawit produksi tinggi dan ramah lingkungan di waktu mendatang.

mainan air di kebun sawit

Cerianya Mainan Air di Kebun Sawit

Pesona kebun sebagai sumber mainan ditangkap banyak Agrowisata dengan kemasan wisata edukasi anak, berbagai paket dipromosikan. Paket panen wortel, panen kentang, panen stroberi menjadi mainan bocah yang menarik. Selain menambah wawasan, membangkitkan rasa ingin tahu dan apresiasi  anak,  menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keselarasan hubungan dengan alam juga menggali kecerdasan naturalis para bocah harapan bangsa.  Beberapa saat lalu di kebun juragan digelar acara mainan bocah di kebun gandum yang dikemas dengan tajuk “Cita-citaku” yang ditayangkan salah satu televisi swasta Nasional.

Berikut adalah tampilan mainan bocah yang diinspirasi dari kebun produk anak bangsa, berlabel K for K (Learning Kit for Kids) dengan tema Tanamlah Sendiri Sayuran Sehatmu. Kemasan tersebut berisi benih, media tanam, pupuk, petunjuk penanaman bahkan lembar pengamatan dan resep masakan (sungguh tidak ada niatan promosi terselubung, apalagi pesan sponsor). Nah mainan bocah gaya kebunpun mampu tampil menarik.

K for K

Kemasan Mainan Bocah Gaya Kebun

Catatan dari kebun:

Artikel ini diikutsertakan pada Mainan Bocah Contest di Surau Inyiak