Tag

, ,

Kori Andhap Asor (Pintu Rendah Hati)

Pintu Andhap Asor

Pintu Andhap Asor

Menjelajahi Pesanggrahan Taman Sari setiap kali perlu bersiap membungkukkan diri saat masuk maupun keluar bangunan karena banyak dijumpai pintu dengan ketinggian terbatas, bila tidak kepala kita akan sering kejedhug. Menurut pemandu wisata, ketinggian pintu ini mengandung falsafah pembentukan watak andhap asor.

Andhap asor

Andhap bermakna rendah dan asor bermakna hina, andhap asor berkenaan dengan sikap perilaku menempatkan orang lain lebih tinggi, perilaku menghargai siapapun tanpa memandang asal jati dirinya. Andhap asor menjadi jiwa dalam ilmu menempatkan diri secara pas untuk tidak membuat diri sendiri ataupun orang lain kurang nyaman (dilambangkan dengan kejedhug) saat bersama dengan kita. Tahu menempatkan diri menjadi modal dalam keluwesan membawa diri. Andhap asor juga berkenaan dengan ranah pikir melalui kerendahan hati (lembah manah) atau humbleness dalam berperilaku melalui ucap maupun tindak.

Tebaran kori andhap asor dan sumur gumuling menjadi bagian dari pesona kekayaan budaya yang melekat pada Situs Cagar Budaya Pesanggrahan Taman Sari. Bila bangunan di Pesanggrahan Taman Sari memiliki begitu banyak kori andhap asor (pintu rendah hati), mengisyaratkan bahwa andhap asor bersifat proses secara terus menerus bukan bersifat instant.

Kosa kata yang mudah diucapkan namun sulit diterapkan secara konsisten dalam keseharian. Pengingat diri dalam perjalanan membawa diri melalui menempatkan diri. Mari berproses menuju andhap asor. Salam