Pesona Taman Gua Maria Kerep Ambarawa (Taman GMKA)

Tinggal di kawasan USA (Ungaran-Salatiga-Ambarawa) yang cantik memiliki kesempatan mengekspos keindahan kawasan sekitar yang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah Taman Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA).

Taman ini mulai dibangun pada tahun 1954 dengan tujuan utama sebagai tempat ziarah umat Katholik khususnya di wilayah Jawa Tengah bagian Utara. Taman ini juga terbuka untuk umum dengan tatanan landscape yang sangat indah serta udara yang sejuk di perbukitan. Mudah diakses dari kawasan JOGLOSEMAR (Yogyakarta-Solo-Semarang), terletak di seberang terminal bus Ambarawa dengan jarak kurang dari 1km.

Memasuki kawasan Taman, tersedia lapangan parkir yang luas, teduh dan tertata rapi. Di sebelah kiri terdapat Rumah Kaca, tempat favorit untuk mengadakan pertemuan-pertemuan, seluruh dindingnya dari kaca sehingga keindahan pemandangan ke arah lembah dapat dinikmati. Sebelum memasuki gerbang taman terdapat banyak kios yang menyediakan bunga maupun lilin bagi para peziarah.

rumah kaca

Rumah kaca Taman GMKA

Taman GMKA

Taman Gua Maria Kerep Ambarawa

Bagian kiri Taman GMKA merupakan ruang ibadah, jalan salib (via dolorosa) yang ditata mengikuti arah kontur/kelerengan, diorama peristiwa Golgota yang dilukiskan dengan begitu agung dan indah. Berakhir di Gua Maria dengan pelatarannya yang sangat luas dan tertata indah untuk mendukung kekhusukan peziarah. Pada bagian tengah terdapat makam keluarga diantaranya pendiri Wanita Katholik Republik Indonesia. Sedangkan di bagian kanan adalah taman doa .

Penataan taman luar biasa indahnya, berbagai elemen landscape ditata dalam komposisi dan proporsi yang mencerminkan kepiawaian ahli landscape eksterior perancangnya. Sungai kecil yang meliuk, gazebo, perpaduan tanaman dari palmae dengan kelompok pakis. Bebungaan aneka warna, keasrian rumput yang dipangkas rapi menyerupai lapangan golf mini. Latar belakang meander sungai, bebukitan maupun pandangan lepas ke arah bawah mengarah ke Rawa Pening menyuguhkan kecantikan alami.

Lebih dari lima kali mengunjungi taman Gua Maria Kerep saya belum bosan, komitmen tinggi dari pengelolanya sungguh hebat, perawatan yang terus menerus agar tanaman tetap menyuguhkan keindahan primanya. Taman ini juga sering untuk pengambilan gambar pre wedding calon pengantin yang berbahagia

meander sungai

Latar Belakang Meander Sungai

Hamparan Beledu Rumput

Hamparan Beledu Rumput di Gua Maria Kerep

Komposis warna dan jenis tanaman

Komposis warna dan jenis tanaman di Gua Maria Kerep

Pemandangan ke arah Rawa pening

Pemandangan ke arah Rawa pening

Taman GMKA bersih dan rapi

Taman GMKA bersih dan rapi

Asrinya Taman GMKA

Asrinya Taman GMKA

Sarana memelihara kebersamaan

Sarana memelihara kebersamaan

Iklan