‘Uwit-ku’

Menurut paham tukang kebun, seyogyanya setiap rumah memiliki kebun dengan aneka tetumbuhannya. Dengan tumbuhan tersebut siklus air, oksigen, karbon dioksida berlangsung dengan baik. Tidak perlu membayangkan luasan kebun puluhan, ratusan apalagi ribuan meter persegi dengan pepohonan yang menjulang. Pada lahan pekarangan yang terbatas atau bahkan tanpa pekaranganpun kita tetap bisa bertanam, dengan pot bila perlu.

Kata ‘uwit dari wit’ atau pohon berkonotasi dengan ukuran yang besar, nah biar ‘merasa besar’ tulisan ini menggunakan istilah uwitku. Yook kita jalan-jalan ke beberapa kebun. Kebun pertama adalah kebun eyang, berbagai tumbuhan diantaranya rambutan, klengkeng (meski belum pernah berbuah), mangga serta aneka tanaman ‘pethetan’ (istilah eyang untuk tanaman hias). Nah ini dia tanaman rambutan berbunga bogenvil (lho rekayasa genetika dari mana nih?).

Rambutan berbunga bogenvil

Rambutan berbunga bogenvil di halaman eyang

Dari kebun 1S (alias kakak tertua menurut adik-adik) disajikan tanaman mahkota dewa, keren sekali namanya.  Tanaman ini tumbuh dalam pot, berbunga putih mungil, buah muda berwarna hijau dan menjadi merah merona saat tua serta berkhasiat obat. Tanaman obat pun dapat menjadi elemen pertamanan yang menarik bila dirawat dan ditata dengan apik.

mahkota dewa

Mahkota dewa di kebun 1S

Berhubung kebun 2S, 3B dan 4S belum kuperbaharui datanya, untuk sajian kali ini dilewati dulu. Dari kebun 5B (5th brother)  yang ditanami mangga, kamboja kuning, wijayakusuma mini yang rajin berbunga, dipilih tanaman kemuning. Hm tandan bunga alias dompolan yang rimbun ini siap untuk memekar dengan menebar aroma wangi yang menawan. Hallo L’E (little E) kirim gambar mekarnya ya.

kemuning 5B

Wangi kemuning di taman 5B

Lanjut ke kebun 6S dengan andalannya tanaman anggur yang merambat indah di pergola. Cepat sekali pertumbuhannya, baru beberapa bulan ditaman sekarang sudah belajar berbuah. Ini tampilan dompolannya, untuk yang empunya dilarang protes bila gambarnya kurang memuaskan, ini hasil jepretan dengan camdig sederhana pastinya jauh dari hasil bidikan makro.

uwit anggur-nya 6S

Anggur menawan di pergola 6S

Sedangkan dari kebun 7S yang rimbun dengan berbagai tanaman kupilih dracaena. Tumbuh rimbun dalam pot, mungkin setiap pagi dilatih push up kemudian diinjeksi vitamin ya, tukang kebun kalah telak karena koleksinya tumbuh kerdil.

Dracaena 7S

Dracaena menghias teras 7S