Tag

, , , ,

Semua bunga ikut bernyanyi….

Kuncup putih perlambang harapan yang berkembang

Kembali edisi lihat kebunku… betapa alam bahkan pekarangan sempit adalah sekolah kehidupan tanpa batas. Ada satu pot mungil tanaman di rumah yang rajin sekali berbunga. Mendapat tanaman tersebut saat kerabat kebun mantu dan memberikan tali asih berupa tanaman dalam pot mungil. Benar-benar mungil cantik dalam genggaman tangan. Pangkalnya menyembulkan umbi dengan daun berpita berwarna keperakan penuh dengan totol-totol green army.

Karena rajin berbunga dengan tandan putih, dipindahkan ke pot yang sedikit lebih besar (hiks hilang maksud sang pemberi bunga supaya tanaman tampil eksotik mungil).

Muncul keinginan mencari tahu nama, siapa sih dikau tanaman rajin berbunga? Dari aneka pantauan sampailah di rumah maya pecinta seni dan urban farming siapa lagi kalau bukan Jeng Dhani atau biasa saya sapa Mbok (A)De (bahasa Bali). Ini catatan beliau … ‘sejenis tanaman  hias bawang-bawangan yang sering disebut dengan Silver Squill (Ledebouria sp). tanaman ini masih sekeluarga dengan bunga Hyacinth’

Silver Squill mekar di bulan Juli 2017

Bulan Juli kemarin, kembali tanaman silver squill mempersembahkan bunganya entah yang keberapa. Umbi bawahnya yang mirip bawang semakin besar, saya indhik, amati dengan seksama koq belum bertunas atau membuat anakan ya.

Kuncup silver squill bulan Sept 2017

Nah pertengahan September ini, kembali silver squill menyeruakkan tandan mungil dari antara kerimbunan daun. Tralala..ada bonus harapan yang saya lambungkan tanaman bertunas masih mungil sekali anakannya.

Silver Squill dan anakan

Silver squill tanaman dalam pot mungil tidak pernah bercerita banyak, tugas dharmanya adalah berbunga dan berbunga. Umbinya yang hampir tak kelihatan karena tersimpan dalam tanah menyimpan tenaga dan semangat untuk tumbuh dan berbunga. Betapa dari ‘sesuatu yang tak kelihatan’ muncul dasar sesuatu yang kita harapkan. Siraman dan dangiran penggemburan menjadikannya semakin subur.

Silver squill di pot cilik menjadi bagian dari parade pujian ..semua bunga ikut bernyanyi, gembira hatiku…. Betapa …amung pracaya iku uwiting karosankusilver squill berdendang hanya melalui percaya ala umbi yang berakar dalam tanah pengharapan yang menjadi ‘pohon’ dasar kekuatan untuk terus tumbuh dan berbunga.

Selamat mensyukuri dan menikmati kehidupan bersama hal-hal kecil di sekitar keseharian kita. Salam hangat

Iklan