Tag

, , , , ,

33 Menit Memerah – Selamat Pagi Salatiga

1. Selamat pagi Salatiga-Klenteng 07.09 am

Selamat pagi Salatiga-Klenteng 07.09 am

Sambut hari baru dengan semangat kemakmuran merah

Selamat pagi Engkong-07.10pm

Selamat pagi Engkong-07.10 am

Berkailkan kebajikan, merenteng keberkahan….

3. Selamat pagi ibu, mari silakan masuk 07.11 am

Selamat pagi ibu, mari silakan masuk 07.11 am

Selamat pagi Ibu, demikian sapa ramah petugas… Beliau usai mengantarkan sejumlah siswa sekolah belajar sekilas tentang rumah ibadah.

4. Selamat pagi di Hok Tek Bio Salatiga

Selamat pagi di Hok Tek Bio Salatiga

TITD Hok Tek Bio tak hanya rumah ibadah bagi pemeluk Konghucu, Buddhisme dan Taoisme, namun sekaligus rumah kegiatan dan rumah masyarakat. Hal ihwal Hok Tek Bio Salatiga yang dibangun pada tahun 1872 bisa dirunut di mari belajar sejarah Salatiga.

Selamat pagi Dewi Kwan Im

Selamat pagi Dewi Kwan Im

Kwan Im Teng…. dieja cepat menjadi  klenteng ….. Dewi welas asih menebar kemurahan hati meringankan tangan menjadi pemurah bagi sesama. Altar dewi welas asih mendampingi altar rezeki yang ditunggu dewa dagang juga tani. Pemaknaan rezeki berasal dari dan untuk menyatakan welas asih.

Selamat pagi Salatiga-dari lt 2-pk 07.20 am

Selamat pagi Salatiga-dari lt 2-pk 07.20 am

Bangunan di belakang berlantai tiga disangga oleh tiang langit. Pada lantai satu sebagai gedung pertemuan, nampak kepala naga yang akan diarak dalam tarian barongsai tertata rapi. Lantai dua sebagai ruang olah raga, dari terasnya kita bisa menikmati sebagian kota Salatiga….

Selamat pagi Salatiga dari lt 3- pk 07.24 pm

Selamat pagi Salatiga dari lt 3- pk 07.24 pm

Lantai teratas dengan pola plafon merah meruah, berjembatan merah menuju teras dan voila…kota Salatiga terbentang nyata, geliat paginya terasa …. pintu hijau toko Ong Hwa Djay masih tertutup rapat, Cicie yang empunya berjumpa sedang sembahyang di altar utama.

7. Selamat pagi Merbabu dari lantai 3, pk 07.25am

Selamat pagi Merbabu dari lantai 3, pk 07.25am.

Biru Merbabu yang bersanding dengan Telomoyo nampak berkalungkan kabut pagi..

Selamat pagi willow penjaga Hok Tek Bio

Selamat pagi willow penjaga Hok Tek Bio-pk 07.42

Akhirnya…selamat pagi pohon willow penjaga setia Hok Tek Bio. Tumbuhan willow anggota genus Salix dikenal dengan nama dedalu ataupun gandarusa. Daunnya menjuntai indah, untaian bunganya memburai serbuk halus yang perlu diwaspadai oleh pengidap alergi serbuksari. Pohon willow mengajarkan hidup yang fleksibel, berakar kuat sehingga saat angin keras menerpa batangnya ikut meliuk seturut angin, tidak pernah menentang angin dan dia tetap tumbuh tegar. Tumbuhan ini sangat akrab dengan areal ibadah semisal banyak dijumpai di seputar candi Syiwa di Dieng.

Selamat pagi Salatiga, 33 menit sudah merah menyapa melengkapi semburat merah di Dukuh Sidomukti Salatiga….selamat pagi sahabat dimanapun berada….mari sematkan semangat merah di hati kita….