Tag

, ,

Embung: Menadah Berkat Hujan

Hujan merupakan bagian dari siklus air, air hujan yang tercurah dari langit akan ‘disimpan’ oleh tanah menjadi sumber kehidupan penting bagi setiap makhluk hidup. Sebagai wujud Rahmat pemeliharaanNya, berkat hujan ini sangat perlu untuk dikelola dengan baik. Salah satu teknologi penyimpan air hujan adalah embung dan pada beberapa daerah semisal NTT, daerah Gunung Kidul keberadaan embung sangat membantu ketersediaan air pada musim kemarau. Embung dibuat dengan cara menggali tanah kemudian memadatkannya atau melapisinya hingga kedap air ke arah bawah dan samping sehingga mampu menadah berkat hujan.

(disunting dari respon atas komen mbak Monda) … Modifikasi pemadatannya banyak mbak, ada yang batu semen dan masih dilapis karet/plastik hitam tebal. Semakin besar ukuran embung daya tekan airnya berat sehingga bahan pelapisnya perlu semakin kuat. Sebagai gambaran dengan berat jenis air 1g/ml, berat 1mkubik air setara dengan 1 ton.

Pemanfaatan embung baik untuk keperluan rumah tangga sehari-hari maupun untuk irigasi kegiatan bercocok tanam. Melalui keberadaan embung konservasi dan optimalisasi penggunaan sumberdaya alam air hujan dapat ditingkatkan.

Berikut adalah embung yang dibangun di kebun buah. Menyadari bahwa kebun adalah pabrik yang mengolah bahan baku air dan karbon dioksida melalui proses fotosintesis menjadi produk, keberadaan embung selaku tandon air sangatlah penting. Embung ini dibangun pada bagian lahan yang paling tinggi, memang membangunnya membutuhkan biaya lebih namun biaya operasional mengalirkannya ke lahan penanaman menjadi lebih murah dengan mengandalkan gaya gravitasi.

Embung di Plantera

Embung di Plantera

Embung di Bawen Hortimart

Embung di Bawen Hortimart

Embung di Suphattra Land

Embung di Suphattra Land

Catatan kecil: pada dasarnya setiap manusia juga dirancang sebagai embung yang mengalirkan energi positif ke lingkungan sekitar melalui berbagai wujud aliran berkat keceriaan, semangat, keteduhan, solusi bijak nan praktis dll.

Hujan berkat ‘kan tercurah Hidup kembali segar
Di atas bukit dan lurah Bunyi derai terdengar
Hujan berkat-MU Itu yang kami perlu
Sudah menetes berkat-MU Biar tercurah penuh!