Tag

, ,

Sisi Lain Koloseum Roma, Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO

Koloseum Roma, Situs warisan budaya dunia UNESCO

Menyebut negara Italia, saat ini kala Pandemi Covid 19 melanda, menghadirkan rasa miris dengan tingkat kematian yang tinggi. Menyoal hal lain, Italia memiliki banyak sekali situs warisan budaya dunia UNESCO. Mengingat kekaisaran Roma yang luar biasa jaya.

Berkunjung ke Pusat Bersejarah Kota Roma pastinya sayang kalau tidak menelusuri beberapa petilasan agung. Salah satunya adalah koloseum yang selalu padat pengunjung.

Menerawang bangunan koloseum, membayangkan gedung raksasa dengan kapasitas 50.000 orang. Peninggalan sejarah berbentuk ellips dengan sebutan aslinya Flavian Amphitheatre. Menyoal sejarah pun keelokan arsitekturanya telah banyak diulas penulis.

Menikmati koloseum dari halaman tanpa memasuki bangunannya, mengingat ramainya pengunjung. Amatan malah pada sisi-sisi lain kesejarahan. Keberadaan tank dan mobil patroli polisi Italia di kawasan ini menghadirkan rasa tegang sekaligus nyaman.

Pengamanan di Koloseum Roma

Kunjungan pada pertengahan bulan April 2017, saatnya kericuhan di Perancis. Antisipasi sigap dari kawasan wisata di Eropa Barat segera bersiaga. Paduan rasa tegang dan nyaman menghadirkan sisi waspada. Menghindari kerumunan namun juga tak menyebar sendirian keluar dari rombongan dolan.

Mengupayakan keamanan pengunjung Koloseum Roma

Malah sempat-sempatnya menyoal gradasi formasi jalan. Ada yang berupa batuan asli berdampingan dengan cone block penciri kota lama di Eropa dan rasanya diadopsi di banyak tempat. Mendongak ke atas mengawati kawanan burung yang terbang melintasi kawasan tanpa takut dengan kerumunan manusia.

geadasi jalan di koloseum Roma

Saat perhatian tercurah pada bangunan koloseum yang melegenda, saya malah terpikat dengan keanggunan ornamen gerbang masuk kawasan. Terlihat gagah mengawal pengunjung membanjiri bangunan koloseum.

Gagahnya gapura koloseum Roma

Mata nyalang melihat kegiatan di sisi koloseum. Pancang besi penopang, ornamen batu bata merah terekspos. Ooh nampaknya perawatan dan identifikasi bangunan asli pendukung tetap terus berlangsung. Sisi sejarah yang kian melengkapi kemegahan koloseum.

Renovasi penyambung sejarah di koloseum Roma

Entah mengapa, berkunjung ke koloseum yang menakjubkan tak mampu menghapus sisi kengerian yang ada di dasar hati. Sejarah arena gladiator. Unjuk kekuatan antara manusia dengan binatang buas.

Hanya ada hidup atau mati. Entah penantang atau yang harus dikalahkan yang akan binasa. Ada pahlawan, ada tahanan pun ada budak yang harus beradu. Sambil perjalanan kembali ke bus, mata saya masih nyalang mencari dan meyakinkan pandang.

sisi lain kemegahan koloseum Roma

Sahabat jalan yang hafal dengan perilaku simbok dolan dengan halus menganggukkan dagu. Jepreet bangunan lama beratap rendah dengan pintu jeruji besi. Pastinya banyak kisah terjalin dari dalam bangunan tersebut. Menyentuh hati pengunjungnya.

Yah sekilas sisi lain dari kemegahan Koloseum Roma Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Wuit.. pembaca tidak harus satu rasa dengan tulisan ini. Banyak sisi keriaan, pembelajaran dari kawasan koloseum ini loh.