Tag

, ,

Meranggas menatap awan

Meranggas menatap awan

Meranggas menatap awan

Meranggas menatap awan adalah kelanjutan dari menggapai dan berbincang dengan awan. Fenomena alam saat pepohonan menggugurkan sebagian atau bahkan keseluruhan daun untuk mengurangi penguapannya menyambut kemarau.

meranggas menggapai awan

meranggas menggapai awan

Meranggas menggapai awan adalah saat pepohonan sampaikan pinta maaf kepada awan karena tak mampu persembahkan uap air yang memadai dari bumi dan saat awan balaskan pinta maaf kepada pohon karena muatan uap air dalam tubuhnya belum cukup teteskan hujan. Sebuah bentuk adaptasi untuk bertahan dalam masa sulit tanpa harus memberontak ataupun merutuk kesulitan. Saling menerima dan menyusun harmoni alam.

meranggas berbagi merah

meranggas berbagi merah

Meranggas pada beberapa jenis tumbuhan masih sempat berbagi keindahan, ada paduan dedaunan hijau, menguning bahkan memerah sebelum rontok. Paduan warna-warni daun dan pucuk mengering menghadirkan rasa tersendiri. Sapuan bayu hadirkan kersik gesekan daun kemlingking. Liuk daun kering menerpa tanah meretak (bantala rengka) menyambut kembalinya daun ke pelukan bumi bagian dari siklus energi dan materi.

meranggas sambil berkuncup

meranggas sambil berkuncup menerus siklus

Meranggas sambil berkuncup dilakukan oleh beberapa jenis tumbuhan, sengatan matahari tak membuatnya layu justru menumbuhkan kuncup penerus siklus kehidupan.

meranggas tampil apik

meranggas tampil apik

Meranggas di mangsa  bedhidhing saat fluktuasi suhu maksimum dan minimum terasa ekstrim, merupakan sasmita alam saatnya mewaspadai titik-titik api pemantik kebakaran hutan yang kini dikemas dalam sistem peringatan dini dengan bantuan data satelit. Duluuu ada saatnya kala daun meranggas dan bedhidhing kami anak-anak diajari bapak ‘setitekna’ (perhatikan dengan sungguh) tanda alam ini seperti pemantik api di tumpukan daun kering alas hutan dan  dibangunkan bapak tuk melihat jilatan sang agni di kelerengan ardi yang tampak jelas di kegelapan malam. Saat meranggas pepohonan menata energi, meluruhkan daun tua, memangkas diri atas keborosan, beradaptasi dengan alam kemarau, mempersiapkan kuncup dan daun baru pada musim berikutnya.

Berani meranggas siap bertunas. Keindahan-keindahan apakah yang sahabat nikmati dari pohon meranggas?

Iklan