Tag

, , , , ,

Pepaya, mangga, pisang, jambu …(Mendulang emas dari kebun)

buah lokal

Pepaya, mangga, pisang, apel manalagi

Pepaya mangga pisang jambu

Pepaya mangga pisang jambu, dibawa dari Pasar Minggu
Disana banyak penjualnya, dikota banyak pembelinya

Papaya buah yang berguna, bentuknya sangat sederhana
Rasanya manis tidak kalah, membikin badan sehat segar

Reff :
Pepaya jeruk jambu, rambutan duren duku dan lain-lainnya
Marilah mari kawan kawan semua membeli buah buahan

Papaya makanan rakyat, karena sangat bermanfaat
Harganya juga tak mengikat, setalen tuan boleh angkat

Lagu kanak-kanak yang menjadi bagian ‘kurikulum wajib’ angkatan kami. Memperkenalkan aneka buah dan kemanfaatannya, konsep demand dan suply, Pasar Minggu sentra produksi. Saat inipun Direktorat Jendral Hortikultura (buah, sayuran dan tanaman hias) Kementerian Pertanian juga bermarkas di Pasar Minggu.

Bangga dengan Buah Lokal

Aneka buah segar

Standar kecukupan pangan terhadap buah dan sayur yang ditetapkan FAO yakni 65,75 kg/kapita/tahun belum tercapai oleh Indonesia, rata-rata baru tercapai sekitar 40 kg/kapita/tahun alias 110 g per harinya (data 2010). Untuk menggalakkannya dirakitlah event Festival Hortikultura Jawa Tengah digelar tahunan. Menikmati pajangan buah yang dilombakan berikut sebagian tampilannya. (edisi edit dan mengunggah draf postingan tertanggal Maret 2013..halah lama banget dan menyemangati Mas Ragil yang loncat dari per-emi-an ke asil kebon).

Yook kita lihat buah durian yang menjadi raja buah di Indonesia:

Aksi durian dan pemiliknya

Durian Brongkol, Kani, Beruk Lingir

Buat saya, durian dari Indonesia is the best, perpaduan rasa manis, pahitnya oke banget. Hiks kini saya sudah jarang banget makan durian, memilih jenis buah yang lain saja. Kala dibandingkan dengan durian import, para penikmat pasti memilih durian lokal.

Durian kandidat juara

Konon pasangan buah durian adalah buah rambutan. Alam menata musim panenan durian bersamaan dengan rambutan. Aneka buah rambutan tersaji di gerai pasar dengan favorir rambutan rapiah yang gundul dan kesat. Lah ini panenan buah rambutan di halaman Eyang di lereng Lawu.

Rambutan petik halaman

Untuk ratu buah mari simak tampilan manggis. Tak hanya buahnya yang manis, perburuan kulit manggis untuk obat herbalpun marak sekali. Sungguh saya pribadi sangat suka dengan buah manggis. Lumayan gregetan kepengin meniru keberhasilan RT sebelah yang memajang buah manggis tampil mulus tanpa gangguan getah kuning.

Manggis Kaligesing

Melesat sebentar ke wilayah pantura pulau Jawa. Ini andalan hortikultura dari Kudus:

Buah Unggulan Kudus

Tetangga Kudus adalah Demak….pastinya saya terpikat dengan sajian belimbing Demak yang kawentar. ini dia si star fruit..

Blimbing Demak

Selain blimbing, Demak juga kawentar dengan jambu air. Jambu air? iya loh ingat masa kecil tidak ada orang jualan jambu air, panenan yang berlebih jatuh berhamburan di bawah pohon. Kini kios buahpun memajang jambu air. Tak hanya pantura, jambu air dari pantai Depok renyah segar dengan warna merah tua menggoda.

Jambu air

Jambu Air di Pantai Depok

Buah sawo, siapa suka? Tukang kebun angkat tangan tinggi sekali. Rasa manis khas buah sawo tak tertandingi loh. Ini dia tampilan buah sawo yang saya dapati di depan Jejamuran Yogyakarta. Bila para sahabat jalan-jalan ke Gunung Kidul jangan lupa mencicipi sawo yang manis wangi.

Sawo di depan jeJamuran

Salak….si snake fruit eksotik ini memikat para tamu mancanegara yang singgah di kebun dan mereka pada umumnya suka.

Salak Kebonagung

Geser sedikit ke Wonosobo….mau ah carica khas Wonosobo. Yuup ini pepaya mini alias carica yang segar disajikan sebagai manisan. Disajikan bersamaan dengan saudaranya si pepaya yang tidak mengenal musim selalu tersedia di pasaran.

Carica

Pepaya dan Carica

Pepaya

Salah satu buah kesukaanyang kini disirik karena saya alergi adalah mangga. Luar biasa mangga Indonesia. Namun harus diakui tak mampu berjaya ekspor kecuali jenis mangga gedong gincu. Pembeli manca kurang suka dengan tampilan mangga matang berkulit hijau, nah Thailand memasok mangga berkulit kekuningan. 

Mangga arum manis di kios buah

Buah sirsat dengan rasa segar asam manis belum tentu disukai semua orang. Apalagi yang agak enggan dengan rasa asam. Belakangan ini harga sirsat melambung karena diburu pembeli untuk mengiringi khasiat air rebusan daun sirsat. Nah memenuhi harapan penikmat dirakit sirsat madu dengan dominansi rasa manis.

Sirsak madu

Yang ini saudaranya sirsat yaitu buah srikaya. Enggan ah makan buah srikaya, nggak sabar dengan banyaknya biji nan kecil-kecil. Tersedia loh srikaya jumbo yang bersifat seedless alias biji jarang.

Srikaya Jumbo

Salah satu buah yang hampir disukai setiap orang adalah jeruk. Indonesia memiliki begitu banyak varian jeruk.

Jeruk segar di kios buah

Pisang…olala, aneka jenis pisang dengan ragam ukuran tersedia sepanjang musim. yook sajikan buah lokal pisang sebagai buah meja.

Pisang lokal

Pisang yang dilombakan

Sebagai penutup disajikan buah alpukat. Banyak diburu dengan rasa manis gurih legit, apalagi kalau mendapat jenis mentega dengan daging buah tebal, warna kuning keemasan dengan tekstur pulen, woo nikmatnya. Kabupaten Semarang, khususnya kecamatan Bandungan memiliki varietas unggulan yaitu alpukat Wina.

Alpukat legit memikat

Nah sahabat kebun rynari, postingan ini sengaya parade foto buah lokal, sebagai upaya meningkatkan rasa bangga akan buah lokal. Yook beramai-ramai konsumsi buah lokal. Para sahabat kebun akan senantiasa berupaya mempersembahkan peningkatan mutu buah lokal agar tetap meraja di rumah sendiri. Salam kebun