Tag

,

Azalea Berkuntum Kembali

Azalea mekar

Kembang azalea adalah salah satu bunga kesukaan saya. Sosoknya sangat sederhana. Tanaman ini termasuk keluarga Ericaceae, genus Rhododendron, umumnya tumbuh di wilayah beriklim sedang. Sering di jumpai di daerah pegunungan sehingga ada juga yang menyebut mawar gunung. Azalea berkembang di Asia Timur dan Amerika Utara. Untuk Azalea Asia tanaman ini mempersembahkan daun hijau sepanjang tahun pun rajin berbunga. Warna bunganya bervariasi dari merah, ungu, putih, pink hingga kuning. Belum pernah sih jumpa yang kuning, yang paling sering pink, putih, keunguan dan merah apalagi variasi hibridanya tentu sangat memikat.

Kalau sahabat Rynari mencari kembang Azalea di penjual bibit bunga bisa bertanya dengan nama Azalea ini. Beberapa penjual bibit menyebutnya dengan nama Saliyah. Saliyah…saya coba merunutnya..oh pengaruh dengar sebut dengan sedikit meleset. Mari coba simak..ibu ada Azalea..oh azalea…lalu zalea..beda telinga ditirukan zalia…lanjut Saliyah

Azalea di Bedugul Bali

Pagar Azalea di Cikole Lembang

Ini beberapa foto Azalea yang saya jumpai di Bedugul Bali maupun Cikole Lembang. Untuk koleksi foto Azalea dari tempat lain masih tercecer di folder yang tak tersusun rapi.

Azalea penuh kuntum

Nah ya, sebagai penggemar Azalea kepengin punya tanaman ini di halaman sempit. Selaku penikmat tapi kurang telaten bertanam saya minta tolong diantar Azalea dengan kuntum kuncup dari daerah Kopeng lereng Merbabu (>1000mdpl)  pada bulan Juni 2015. Yakin nih bisa bertahan di Salatiga (kurleb 550mdpl).

Kelopak tungal mekar

Azalea tumpuk mekar

Senangnya Azalea dalam pot mempersembahkan kuntum, memekar, mekar sempurna mulai dari yang engkel hingga tumpuk, pink keunguan ceria….

Usai masa berbunga, tanaman saya treatment dengan pangkas banyak cabang, pupuk NPK seimbang, hingga saatnya perdu lumayan merimbun digenjot dengan NPK tinggi P untuk stimulasi pembungaan sesuai kaidah berkebun. Loh koq hanya pertumbuhan vegetatif saja. Saya ulang lagi dong dengan satu siklus treatment. Wewh belum berhasil yah sudahlah mungkin ini Azalea tidak mau berkembang cantik lagi di Salatiga. Pot Azalea pun kami geser ke bawah pohon belimbing dan cukup menerima asupan siraman dari mbak Im.

Beberapa hari lalu mbak Im lapor, ibu koq ada kuntum pink keunguan dari pot di bawah belimbing. Bergegas menengok..ooh bertahun menanti…Azalea kembali berkuntum lagi….ada proses menanti.

Azalea Berkuntum kembali

Azalea Okt 2017

Konon Azalea dilekatkan dengan simbol kesederhanaan, keiklasan dan kesabaran. Sosok tanaman Azalea beneran sederhana, apalagi saat tanpa bunga ceria. Tampilan sederhana kelopak Azalea menyimpang keanggunan. Keiklasan…usai mekar di treatment tidak mempersembahkan bunga, tamanan azalea iklas ndongkrok di bawah pohon belimbing dengan asupan guyuran air saja. Padahal bawah belimbing adalah kondisi teduh yang menjadi prasyarat tumbuh azalea, klop lah dengan eklas azalea menanti. Kesabaran…Juni 2015 hingga Oktober 2017 rentang 2 tahun lebih menanti azalea berkuntum kembali. Beneran terasa makna kesederhanaan, keiklasan dan kesabaran dalam bunga Azalea. Selamat berkuntum lagi.

Iklan