Tag

, , , , ,

Sekuntum Mawar dari Ba Na Hills

Sekuntum mawar dari Ba Na Hills

Blog simbok kebun dengan hobi blusukan. Saat blusukan pun yang teramati dan teringat kuat adalah sosok kebun. Kali ini menorehkan kenangan sekuntum mawar dari Ba Na Hills.

Cerita dolan ke Da Nang, Vietnam Tengah, salah satu tujuan adalah Ba Na Hills. Suasana petilasan desa Perancis (French Village) di puncak bukit. Sensasinya adalah pendakian dari Sun World dengan cable car melintasi kehijauan hutan primer yang lebat.

Taman pot mawar imut

Aneka sudut pandang menikmati stasiun teratas kawasan wisata Ba Na Hills ini. Saya terpikat dengan deretan tanaman mawar yang menghiasi beberapa kastil. Ukuran bunga bervariasi dari mawar mini seukuran koin yang ditanam rapat dalam pot berbentuk bejana luas. Satu pot dengan rumpun padat dan bunga melimpah, ada kuncup, setengah mekar hingga mekar sempurna. Pastinya ketelatenan perawat tanam meniadakan bunga gugur dalam parade pot ini.

Mawar dengan kerangka penopangnya

Perhatian beralih pada jajaran mawar berbatang tegak dengan diameter bunga mekar cukup besar, setelapak tangan dewasa. Belajar dari amatan cara menyangga tegak batang. Dibuat semacam ‘kurungan burung’ berrangka dengan ketinggian sekitar 1m.

Mawar….lingkaran dalam lingkaran

Alamak cantiknya. Mahkota mawar dengan bagian terluar jajaran helai bunga seperti mawar pada umumnya. Nah bagian tengah terlihat beberapa pusat bunga. Haha entahlah saya mendiskripsikan dengan bahasa awam tanpa kenal biologi bunga mawar. Yang saya amati adalah campuran mawar putih dan kuning. Terlihat alami antara mekar sempurna, sebagian luruh dan hampir layu. Entah berapa banyak mata yang telah menikmati, kamera yang mengabadikan. Semoga tidak semua tangan pengunjung menyentuhnya.

Kesulitan membaca peta lokasi sehingga hampir terlewat sudut taman mawar. Bersyukur ditunjukkan oleh teman jelang akhir kunjungan. Melesat sejenak….. Tersihir oleh hamparan mawar baik yang di lahan terbuka ataupun green house terbuka.

Mawar pink imut

Mawar kuning imut

Kembali disuguhi parade mawar mini dalam pot. Kali ini aneka warna mulai merah segar menyala, pink cerah, kuning segar hingga salem nan kalem.

Warna-warni mawar imut

Parade mawar dalam green house menjadi incaran banyak pengunjung. Agak sulit mencari sudut yang longgar untuk menikmati keindahannya. Beberapa kursi panjang menjadi perhentian eh spot foto pengunjung berlatar hamparan mawar.

Taman mawar Ba Na Hills

Mawar jingga dengan kelopak besar, atau ungu dengan aneka gradasi warna. Semua ditopang dengan kerangka penunjang batang agar tegak.

Green house mawar di Ba Na Hills

Unik ada spot yang sepi pengunjung karena tampilannya tidak glamour. Mawar menyembul di antara bebatuan, begitu batin saya. ‘Pot’ berupa batu yang dikurung dalam kerangka besi. Kemudian mawar menyembul dari permukaan batu. Hmm lumayan sejenak pandang dan hati tertambat pada sajian ini.

Mawar menyembul dari gunung batu…..

Pada bagian belakang taman mawar terhampar taman berlatar kastil dengan aneka spot berfoto yang penuh pengunjung. Bila berharap mendapat foto yang ‘bersih’ harus rela menunggu. Kebetulan saya malah suka mengambil gambar kerumunan orangnya hehe..

Hamparan mawar berikutnya saya dapatkan di taman lain. Kami turun dari stasiun cable car puncak ke stasiun di bawahnya di mana golden bridge berada. Berlanjut ke taman Le Jardin D’Amour yang keren cantiknya. Kami menyusuri penyimpanan anggur kuna wine cellar. Nah di dekatnya terdapat hamparan taman dengan pola khas Eropa. Pola dengan serba simetris.

Terima kasih ibu perawat mawar cantik….

Salah satu sudutnya terdapat hamparan mawar mini. Para perawat taman sedang bekerja menyuguhkan keindahan taman bagi para pengunjungnya. Kesulitan komunikasi, diwakili oleh saling bertukar senyum dan bahasa isyarat untuk menyatakan pujian dan penghargaan atas cantiknya sekuntum mawar dari Ba Na Hills.

Sebagai penutup, taman bunga di kawasan Nusantara tak kurang indahnya. Iklim tropis menungkinkan aneka jenis bunga dapat tumbuh dan mekar di sepanjang tahun. Pengelolaan dan penataan yang dibarengi dengan penghargaan pengunjung akan menumbuh suburkan aneka taman bunga sebagai sarana edukasi dan rekreasi.