Tag

, ,

Pesona si Cantik Amaryllis

kuntum Amaryllis bermandikan hujan

Beberapa tahun lalu, saya diberi umbi red amaryllis si merah segar dari kebun. Lah menunggu beberapa tahun hingga hampir terlupa. Nah akhir Oktober lalu, saatnya kemarau panjang menunjukkan tanda akan berakhir, muncullah tangkai bunga menjulang dari rumpunnya.

Konon kembang amaryllis adalah lambang keteguhan hati, tekad, kecantikan yang menawan sekaligus kebanggaan. Adalah peri cantik Amaryllis yang jatuh hati kepada pujaannya, sang Alteo. Perjuangan panjang mendapat perhatiannya.

Rasanya saya juga harus meniru kesabaran dan keteguhan sang peri. Beberapa tahun menanam umbi, tumbuh subur namun baru beberapa tahun berselang, sang Amaryllis bersedia menyembulkan diri. Padahal….di kebun lain rasanya begitu mudah Amaryllis berbunga.

Kuncup awal amaryllis

Jadilah si emak kepo habis, begitu sering melongok rumpun Amaryllis. Mulai dari kuncup perdana, hingga kuntum perdana mekar penuh. Lanjut dengan kuntum kedua, serasa terompet bertotal belakang mengapit 2 kuntum lainnya.

benang sari Amaryllis

benang sari amaryllis mulai pecah menuju putik

Benang sari Amaryllis memburai

Hingga mekar seluruhnya empat kuntum dari satu tangkainya. Empat lonceng yang rasanya menghadap ke empat penjuru angin. Asiik juga menikmati mekarnya putik dan benangsari dari setiap kuntum loncengnya.

Amaryllis kruntelan di kebun sempit

Sepanjang 2 minggu mulai dari kuntum pertama hingga akhirnya semua kuntum melayu. Menyuguhkan warna merah darah menawan di pot kebun sempit. Siap menanti rumpun Amaryllis kembali menyuguhkan kembangnya pada musim berbunga berikutnya.

Tiga kuntum Amaryllis mekar, kuntum terakhir siap mekar

Nah bagi sahabat kebun yang ingin menanamnya, tidak terlalu sulit koq. Dibiakkan dengan umbi lapis mirip brambang. Saat saya kecil menyebutnya brambang procot. [menjawab komen Jeng Nella, saya menanamnya cukup dalam pot ukuran sedang]

Utamanya cukup cahaya di ruang terbuka ya, alihkan dari naungan yang terlalu kuat. Mari nikmati pesona si cantik Amaryllis.