Tag

, , ,

Phalaenopsis seri kuning hingga kecokelatan

Phalaenopsis kuning hingga kecokelatan

Beberapa waktu lalu para sahabat kebun singgah ke rumah dan bersemangat pepotoan di pojok teras. Kebetulan pojok anggrek bulan sedang parade unjuk bunga dari putih polos berukuran lebar, ungu garis, ungu polos sedikit menua, kuning berlidah ungu, kuning kecokelatan serta cokelat muda berbintik cokelat. Lah saat beberapa teman mengubah profile picture WA dengan hasil foto, diri bergumam weh ternyata cuantik loh parade seri kuning hingga kecokelatan.

Tampilan cantik Phalaenopsis seri kuning hingga kecokelatan

Baru menyadari betapa berharganya sekeping label yang bergantung di pot saat membeli tanaman. Saat ditanya ini jenis apa ya atau silangan antara apa dengan apa, saya gelagepan karna nggak ngeh tentang anggrek hanya suka memandangnya saja. Sekeping label inilah yang menjelaskan silsilah tanaman anggrek yang dilepas oleh para breeder alias pemulia anggrek.

Phalaenopsis kuning berlidah ungu

Phalaenopsis kecokelatan

Phalaenopsis kuning berbintik cokelat

Bersyukur tanaman ini sangat kooperatif, mau rajin berbunga dengan pemeliharaan minimal, yaitu mbak Im ART di rumah tidak lupa menyiram. Seandainya emak kebun sedikit lebih rajin menyiapkan larutan pupuk siap semprot yaitu komposisi cukup N untuk menopang pemeliharaan daun saat tanaman usai berbunga. Lanjut dengan komposisi cukup P dan K untuk pembungaan setelah tanaman cukup beristirahat, betapa senyum seri bunga anggrek bulan ini.

Sisi indah dan sisi butuh perhatian

Tak selamanya tanaman anggrek mempersembahkan seri indahnya. Kadang juga menunjukkan seri butuh perhatian. Semisal tidak mulusnya mahkota bunga. Ooh ternyata ada pengerat kecil, perlu rajin menyianginya sehingga tidak perlu semprot menyemprot.

Bunga phalaenopsis yang terkoyak

Daun Phalaenopsis yang terluka

Ada kalanya daun tampil kurang mulus. Bercak hingga luka hitam menganga. Bisa jadi karena bekas siraman terkena sinar matahari, sehingga sisa air yang terkena sinar matahari akan panas dan melukai daun. Bisa jadi pertanda infeksi jamur karena kondisi mikroklimat yang terlalu lembab. Cara gampang saya, mari pisahkan sejenak tanaman ini dari kumpulannya. Ditata pola penyiramannya. Bila meluas, mari korbankan dengan cara memotong bagian daun yang terluka dan berharap tidak meluas menulari daun yang sehat.

Sahabat kebun rynari suka memelihara anggrek bulan berbagi kiat yook. Salam berkebun

Iklan