Main Dua Empat Yook…
Minggu lalu saya datang ke cangkruk kebun membawa kartu remi (playing card). “Lah kami diajak main kartu ya ….” Demikian celetuk teruna kebun.
Liburan Desember, keluarga berkumpul di Salatiga dan para keponakan aneka strata usia bermain kartu diantaranya permainan dua empat alias twenty for. Cara bermainnya dari kartu yang diacak dibuka empat lembar. Sebelumnya ada kesepakatan untuk nilai As, K, Q dan J. Kemudian dari keempat kartu tersebut terserah diolah dengan aritmatika pipalanda (ping/kali, para/bagi, lan/tambah ataupun suda/kurang) sehingga hasil akhirnya 24. Semisal terbuka angka 10, 10, 2 dan 2; bisa saja operasinya 10 + 10 + 2 + 2 = 24, atau cara yang berbeda. Contoh lain, terbuka angka 10, 10, 10 dan 6; salah satu operasinya adalah 10 + 10 + 10 – 6 = 24. Berikutnya para keponakan juga memanfaatkan operasi log dasar 10 (loh usia SD juga sudah terampil menggunakan log 10), diakar maupun dipangkatkan.
Penasaran dengan permainan ini, saya googling, ooh ternyata twenty for ini melatih arithmetical mental dan fast thinking. Dicoba ah untuk teruna kebun. Ini hasilnya…
Dari kocokan pertama tralala…keluar angka 2, 8, 4 dan 6 yook dicari penyelesaian ke hasil 24…. Inilah sebagian alternatif operasionalnya:
- (8 x 4) – 2 – 6
- (2 x 6) + 8 + 4
- (2 x 8) + √4 + 6
Dari kocokan kedua…keluar angka 10, 9, 7 dan 8. Inilah sebagian alternatif operasionalnya:
- 10 + 9 + 7 – (akar pangkat 3 dari 8) ….[haha saya kesulitan mencari simbolnya]
- log10 + (√9 x 7) + (akar pangkat 3 dari 8)
- log 10 x (9 + 7 + 8)
Apapun angka yang keluar, bagaimanapun model operasionalnya asal hasil akhir 24, semua jawaban dinyatakan benar. Seandainya soal ini dibuat model pilihan berganda, betapa banyak kreativitas yang dipasung…..
Mari kita bayangkan bilangan 24 adalah target perusahaan/kebun dimanapun Anda ditempatkan. Angka kartu yang terbuka dari kocokan adalah data/topangan yang disediakan ataupun hasil identifikasi. Lah setiap kita akan main pipalanda hingga target tujuan tercapai. Mungkin simulasi ini terlalu sederhana, pipalanda bisa berupa interaksi antar bagian ataupun data, kemampuan menganalisis, sintesis maupun elaborasi data, serta menggerakkan personil.
Juga diperlukan spontanitas serta keberanian mengemukakan pendapat, sebrilian apapun ide seseorang tidak akan dimengerti oleh orang lain apabila tidak dikemukakan. Pun diperlukan kebesaran hati saat aneka alternatif menuju angka 24 dikaji efisiensi dan efektivitasnya dan ide kita gugur di perjalanan.
Wis lah koq jadi panjang niatan main dua empat aja koq, lah ini angka yang jatuh 2, 6, 9 dan 10. Mau ikutan? Salam
Sambil main sekaligus ngitung dan berpikir, benar-benar bagus nich, hanya aku tetap lama nich mikirnya mbak. makanya tiap kali main aku kalah mulu, hikss.
____
Sama koq Lina, ini sekalian mengasah kembali ingatan hitungan. Salam
Sekarang jadi tahu cara maennya, hehehe….dibuat tutorial aja, atau dibuat e-book…siapa tahu laku, hehe…
__
Walah, mari sila dibuat saya bagian mainnya saja. Terima kasih
main kartu menjadi salah satu pengisi waktu tempo dulu, tapi ndilalah saya yg sering kalah dan kena deh minum air putih sampai eneg. Hehehe.
Kalau main kartu empat ini, ehmmm….belum kenal sama sekali.
___
lah sampai kembung ya Jeng, atau cemang-cemong pipi digambarin dengan bedak? hehe…
Dulu sewaktu masih teruna pendidikan saya candu sekali dengan kartu kuning, di kampung saya dikenal sebagai kartu KOA. 🙂
______
Penasaran lalu gugling kartu KOA nih Uda, dan sangat rumit ya mainnya, kartunya banyak sekali. Salam
boleh lah kapan-kapan kita ketmuan main dua empat ya
___
Siapp Jeng, kita main bareng Cal-Vin
Wah permainan keren nih Bu Prih, melatih otak juga ya bisa belajar matematika. Nanti aku kasih tau anak-anak ah, seru nih permainannya. Aku bisanya cuma main minum2an, atau yang mengurutkan KQJK itu aja 🙂
____
Hehe aneka mainan kartu ya Jeng, ada yang untuk usia anak hingga dewasa
Bu Prih ada yang lupa, mau nanya, apakah setiap 4 angka yang kita dapat itu nanti hasilnya bisa 24?
___
Secara teori iya Jeng Lianny, hanya ada yang caranya agak mudah hingga agak rumit.
Untuk putra-putri utamanya menarik minat penasaran dulu, kalau terasa sulit yook kocok lagi dengan kartu lain. Bila sudah tertarik biasanya muncul tantangan, yang belum nemu pemecahan 24 dicatat dulu. Hal yang perlu dihindari adalah rasa terancam wah sulit dan tak terpecahkan menjadikan ‘alergi’ terhadap pipalanda…
jd ingat gaplek kak
___
Bisa mainnya ya Win
(10-2) x (6-(akar 9)) = 24
Bagaimana menyisipkan simbol akar bu???
___
Sip Jeng Naniek. ini tanda akar kuadratnya √
yuuk coba main
(10-2) x (9-6) = 24
___
Siip Mbak
Dari dulu kalau diajarin main kartu aku gak pernah mudeng, Mbak Prih. Membaca main kartu empat ini juga …Lah kok sulit amat sih?
____
Kartu Uni Evi luar biasa loh, dari sekian kartu gula aren jadi bisnis manis
dari sekian kartu amatan Istano Basa jadi tulisan luar biasa menarik. Salam