Pesona Bukit Kelam (Kelam Hill)

Pesona Bukit Kelam (Kelam Hill)

Hasil penelusuran di Google dengan kata kunci bukit kelam ditemukan 112 000 hasil menariknya dengan kata kunci kelam hill melonjak menjadi 276 000 hasil. Bukit kelam merupakan landmark Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Indonesia. Bukit Kelam merupakan satu diantara bukit terunik di dunia. Keunikannya adalah bukit ini merupakan sebuah bukit yang murni terdiri dari segumpal batu raksasa, ada yang menyebut tumpukan batu tertinggi di Asia Tenggara. Konon bukit dengan jenis seperti ini hanya terdapat 2 (dua) buah di dunia yaitu Ayers Rock yang terdapat di Australia dan Bukit Kelam di Indonesia.

Obyek wisata alam yang eksotis berupa bukit yang telah menjadi Kawasan Hutan Wisata dan memiliki panorama alam yang memesona, berupa pemandangan air terjun, gua alam yang dihuni oleh ribuan kelelawar, dan sebuah tebing terjal setinggi kurang lebih 600 meter yang ditumbuhi pepohonan di kaki dan puncaknya. Hutan wisata Bukit Kelam berada diantara 2 (dua) sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Seperti layaknya gunung di Indonesia (semisal Tangkupan Perahu), bukit kelam juga tak lepas dari legenda yaitu legenda perseteruan antara Bujang Beji dengan Temenggung Marubai yang berebut kesejahteraan.

Kawasan Wisata Bukit Kelam berada di wilayah Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang. Jarak Pontianak ibu kota Propinsi Kalbar ke Sintang sekitar 8 jam bisa dicapai dengan bus DAMRI ataupun taksi. Juga tersedia penerbangan reguler Pontianak-Sintang. Potensi alam yang layak saji sebagai tujuan obyek wisata nasional tentunya dengan kemasan paket cluster wisata lainnya di Sintang semisal wisata sungai, wisata rimba dan tak lupa wisata budayanya. Anugerah sekaligus tantangan PemKab Sintang tuk mengemasnya.

Berikut adalah tampilan Bukit Kelam di akhir Mei tahun lalu, sempat merasakan sensasi sisi tebing terjalnya dengan menikmati makan siang di rumah makan di dekatnya.

Bukit Kelam

Bukit Kelam (Kelam Hill, the Great Stone)

Bukit Kelam Sintang Kalbar

Bukit Kelam di Kab Sintang – Kalbar

File:Uluru (Helicopter view)-crop.jpg

Ayes rock atau Uluru di Australia

Sumber gambar Ayers rock dari sini.

About these ads

33 responses to “Pesona Bukit Kelam (Kelam Hill)

  1. Ping-balik: Weekly Photo Challenge: Big | RyNaRi

  2. waaaah keren! Baru tahu ada pemandangan segini bagus di negara kita sendiri. Cuma untuk pergi ke sananya mungkin perlu pikir panjang dulu ya…
    ____
    dimulai dari tempat2 yang mudah diakses terlebih dahulu, pilihannya juga banyak mbak dengan keunikannya yang khas pula. salam

  3. Bukitnya unik banget ya, Mbakyu. Sepertinya kok mak bedhunguk gitu :D
    ___
    oho mak bedhunguk jegagik nongol

  4. makasih infonya yaaa
    ____
    Sama-sama

  5. Asyik bgt untuk dikunjungi, sayang lokasinya cukup jauh dan belum memiliki faktor pendukungnya :-D
    Salam hangat!
    ____
    Semoga segera terealisasi faktor pendukung yang kuat. Terimakasih kang Indra

  6. mbaaaa…maapkanlah diriku inih yang baru mampir lagi yaaaa…*cium tangan dulu*

    Pemandangannya indah banget yah, mudah mudahan suatu hari bisa kesonoh :)
    ____
    Nyantai aja Teh Erry, tetap saling pantau dari jauh nih. Korea dibukukan sebagai kesempatan pertama, yang lainnya akan menyusul. Salam

  7. pengeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen…..
    kayaknya bagus banget…
    tapi kenapa jauh banget…
    luar pulau juga … hiks hiks hiks

    btw, salam kenal yah mbaknya :)
    ____
    Trimakasih Uny berkenan singgah, silakan dinikmati yang tersaji. Salam

  8. Waoooooo keren banget mbak
    ___
    Suksma Bli

  9. pemandangan di indonesia pun gak kalah indah dengan pemandangan di luar sono ya jeng…..
    ____
    Setuju, bukankah Bandung nan cantik juga identik dengan Paris van Java …

  10. berkunjung Jeng Prih :)
    wah saya lahir di pontianak aja gak tahu lo ada bukit kelam
    potonya bagus, pemandangannya kayaknya bagus juga
    ___
    Terimakasih Jeng Esti, masih lumayan jauh dari Pontianak, selamat berkarya

  11. BUkit Kelam emang top

    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh – PUTRA LANGIT ONLINE – dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG “LEGENDA PUTRA LANGIT” yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo
    ____
    Terimakasih

  12. aduh kalau melihat panorama alam…terasanya nyaman…. Klepekkk indahnya
    ____
    Bumi Sumedang juga menyuguhkan panorama indah, Salam

  13. Mbak Prih …senang membaca ini….senangnya bisa jalan-jalan ke sana melihat keindahan Indonesia. Mesti dipromosikan mbak…biar dikenal juga.
    ____
    Bonus dari pekerjaan lapang ya (suka istilah T&W nya Bu En) sambil promosi keindahan. Salam

  14. bentuk bukitnya antik ya mbak, lain dari yg lain
    ___
    Iya Jeng, menurut pak Mars mirip topi baja pak tentara, menurut Uni Evi seperti jerawat permukaan bumi hehe

  15. Bukitnya indah … tinggal mempromosikannya, biar setenar Uluru …
    ___
    Penyiapan infrastruktur dan kesiapan SDM ya …

  16. ya ampun mbak….malu banget ..masa aku lebih kenal Ayers Rock (meskipun belum pernah ke sana) daripa Bukit Kelam
    info baru buatku, terima kasih banyak….
    ____
    Sama2 baru mengenal koq mbak, trimakasih juga mbak saling berbagi ….

  17. aku kok lihat foto bukitnya seram ya bun :)
    ___
    tidak jadi mimpi seram kan Teh …

  18. Namanya kok agak serem ya? Kelam..
    Tapi kalau lihat pemandangannya kok jadi seneng, indah..
    ___
    Senada dengan don’t judge a hill by its name ya ….

  19. Bentuknya batu utuh yang muncul dari perut bumi ya Mbak..Hehehe..Bukit Kelam ini seperti jerawat atau tumornya permukaan bumi ya? Terus dikasih nama Bukit Kelam, mungkin karena batunya berwarna hitam ya?
    ___
    Imajinasi Uni luar biasa, andheng2 alias tahi lalat pemanis pipi bumi aja Uni ….

  20. ok mbak, target wisata saya selanjutnya kesana, Insya Allah, :-)
    __
    Semoga tercapai target berikutnya, Selamat berkarya

  21. Tiap lihat gambar atau foto saya selalu berimajinasi, sama seperti foto yg mirip kuda nil tempo hari…

    Dan kali ini saya melihat foto diatas itu mirip Topi Bajanya Pak Tentara…
    _____
    Iya nih Pak Mars, makin dilihat bukitnya makin mirip tapi baja Pak Tentara, trimakasih berbagi imajinasi. Salam

  22. …bukit kelam juga tak lepas dari legenda yaitu legenda perseteruan antara Bujang Beji dengan Temenggung Marubai yang berebut kesejahteraan…

    Bisakah ini dibuatkan satu postingan khusus tentang legenda ini, Mbak? Terima kasih sebelumnya.
    ___
    tunjuk ajar Melayu:
    kalau orang tak tahu diri,
    seumur hidup iri mengiri
    apa tanda orang serakah,
    berebut harta terbuan tuah

    itulah sebagian kutipan dari Legenda Bukit Sintang yang disajikan di
    http://folktalesnusantara.blogspot.com/2009/02/legenda-bukit-kelam.html
    Terimakasih Abi

  23. Tes.. komentnya kok ilang ya..
    ____
    Ada gangguan ya mbak Yuni, seolah komen ilang namun muncul. Trimakasih mbak

  24. Model bukitnya aneh ya Mbak, justru dengan keanehan itu menjadi penasaran banyak orang untuk datang kesana :)
    Sayang di Jawa gak ada bukit seperti itu, adanya gunung..

  25. Bentuk bukitnya aneh, tapi dengan keanehan itu membuat penasaran banyak orang untuk mencoba kesana.. sayang di Jawa gak ada bukit seperti itu, adanya gunung..
    ___
    Di Jawa kita dianugerahi pula berbagai gunung dengan aneka karakter dan cerita mbak Yuni semisal G Bromo nan permai dengan budaya dan legendanya yang khas pula. salam

  26. Jauhnya mbaaaaak Bukit Kelam ini dari rumah saya…apalagi pake 8 jam naik bus DAMRI pula dari kota Pontianak…
    Tapi saya yakin, kalo kita sudah sampai disana, perjalanan panjang itu pasti nggak bakal terasa karena keindahan lokasinya :)

    Bukit batu yang benar-benar unik!
    ____
    Kita nikmati yang dekat dan terjangkau dari rumah saja Jeng Ir, tidak kalah indah dan menariknya koq. Postingan ini kan bonus saja dari perjalanan kerja hehe. Salam

  27. wah…bukitnya dari bagus ya bu.., tapi kalau terbuat dari batu berarti tidak ada tumbuh2nya bu?
    ____
    Pada beberapa bagian mulai melapuk dan tumbuh tanaman Jeng Mechta. Salam

  28. bgus yaa.. !!
    sini mbak coba juga ke gunung sadahurip disini yang seperti paramida itu banyak sejarah nya lho.. !!
    _____
    Yang di Garut ya Teh Dea, iya bentuk piramidanya elok pisan ya, Nuhun.

  29. Baru mo nanya kayak yeh Nchie, bukitnya sekelam namanya gak? :D

    Pemandangannya indah banget ya bu, penasaran nih sama rumah makannya :D
    _____
    Rumah makannya ala fast food RM Padang begitu Lis, menu kesukaan paceri nenas (ciri khas masakan melayu ya), jus sawo (buah lokal). Sedapat mungkin nyicipin menu khas daerah selama lambung bisa menerima). Salam

  30. Bukit yang sangat Indah, bisa di jamin bukit Kelam ini tidak akan membuat kelam warga sekitar, soalnya terbentuk murni oleh batu hehe,,sangat indah sekali Kak :) , Indonesia ternyata kaya sebuah ke Indahan alamnya
    ____
    Terimakasih Sofyan, tiap daerah menyuguhkan keindahannya sendiri ya. Salam

  31. whuiihh, aura misterinya kuat banget bu..
    diapit dua sungai besar.. bikin penasaran si anak bukik ini.

    salam pagi, ibu..
    *disini masih dingin jadi dikira masih pagi :P
    ____
    Penyuka sungai dan bukik langsung cium aura misteri hehe
    Kemarau kering dan dingin adanya di Bukik ya, di Sal3 kering nan panas nih
    Selamat berkarya

  32. huaaa bagus sekali. subhanallah….
    *berharap suatu saat ditugaskan ke kalimantan dan dapat berkunjung kesana :)
    ____
    Aceh sudah disambangi, Kalimantan Barat menunggu Jeng Nanik pada saatNya. Salam

  33. Pemandangan yang sangat indah..
    WAah Makan -makan dengan View bukit kelam..

    Mba, bukitnya sekelam namanya ga..??

    Pagi Mba Priih..
    Selamat hari senin..
    ____
    Selamat siang Nchie Hanie, penampakannya menurut saya gak sekelam namanya koq hehe. Selamat beraktivitas

Terimakasih, puspa dari sahabat sungguh berharga.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s